Friday, April 26, 2019

Pintar Pelajaran Tanda-Tanda Dan Penyebab Penyakit Anemia

Artikel Gejala dan Penyebab Penyakit Anemia - Anemia ialah suatu keadaan dari penderita yang kekurangan eritrosit terutama unsur hemoglobin. Oleh alasannya ialah itu, ada yang menyebutnya penyakit kurang darah. Kekurangan hemoglobin ini menyebabkan pemenuhan kebutuhan oksigen (O2) menuju jaringan menurun, sehingga mengganggu fungsi kerja sel. Gejala anemia antara lain ditandai dengan muka penderita pucat, cepat lelah, sakit kepala, timbulnya bintik-bintik hitam pada mata, jantung berdebar, dan denyut nadi meningkat. Anemia sanggup terjadi juga apabila kita terluka dan kehilangan banyak darah. Sehingga cara yang bisa dilakukan adalah transfusi darah. Kurangnya zat ibarat zat besi (Fe) dan vitamin B12 juga bisa menjadikan anemia. Selain itu, ada pula anemia yang terjadi secara genetis. Misalnya thalasemia dan anemia bulan sabit (siclema). Thalasemia adalah suatu kelainan pada eritrosit, sehingga selnya mudah rapuh dan cepat rusak. Ini terjadi alasannya ialah sel-selnya tidak mampu mensintesis rantai polipeptida alfa (α) dan rantai polipeptida beta (β) dengan cukup, sehingga hemoglobin tidak terbentuk. Sementara, anemia bulan sabit (cicle cell anemia) merupakan anemia yang sel-selnya mengandung tipe hemoglobin abnormal, yang disebut hemoglobin S. Perhatikan Gambar 1. Apabila hemoglobin S ini berikatan dengan oksigen (O2) yang berkonsentrasi rendah, maka akan mengendap menjadi kristal-kristal yang panjang di dalam eritrosit. Kristal-kristal tersebut berbentuk ibarat bulan sabit. Hemoglobin yang mengendap ini juga akan merusak membran sel, sehingga sel tersebut menjadi lebih rapuh.
Anemia ialah suatu keadaan dari penderita yang kekurangan Pintar Pelajaran Gejala dan Penyebab Penyakit Anemia
Gambar 1. Bentuk eritrosit penderita siclema.
Anda kini sudah mengetahui Gejala Anemia, Penyebab Anemia, dan Penyakit Anemia. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.


Referensi :
Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment