Thursday, April 11, 2019

Pintar Pelajaran Struktur Dan Fungsi Usus Besar Manusia

Struktur dan Fungsi Usus Besar pada Manusia - Sari-sari masakan dan zat yang mempunyai kegunaan telah diserap oleh usus halus, sisanya akan diteruskan menuju usus besar. Usus besar (large intestine) atau kolon (colon) merupakan persambungan usus halus yang panjangnya sekitar 1 m dan berdiameter 6,5 cm. Fungsi utama usus ini yaitu mengontrol kadar air sisa makanan. Air pada sisa makanan yang berlebihan akan diserap (reabsorpsi), sedangkan jikalau kurang akan ditambah. Selain itu, pada usus besar juga terjadi proses pembentukan feses yang selanjutnya dibuang melalui anus. Usus besar terbagi atas beberapa bagian. Ada bab usus besar yang naik (askenden), ada yang mendatar (transversum), dan ada pula bagiannya yang menurun (deskenden). Pada bab perbatasan antara usus halus dan usus besar terdapat bab yang dinamakan sekum atau usus buntu. Supaya sisa masakan dari usus halus yang menuju usus besar tidak kembali lagi, sekum ini mempunyai klep yang disebut klep ileosekum. Adanya klep ini sanggup mencegah bakteri-bakteri kembali ke usus halus. (Baca juga : Alat Pencernaan Makanan)

sari masakan dan zat yang mempunyai kegunaan telah diserap oleh usus Pintar Pelajaran Struktur dan Fungsi Usus Besar Manusia
Gambar 1. Bagian-bagian usus besar
Di bab ujung sekum ada bab yang dinamakan umbai cacing (apendiks). Ditaksir umbai cacing sanggup mencegah infeksi. Namun, umbai cacing sanggup pula mengalami peradangan, yang disebut apendisitis. Di dalam usus besar terdapat kuman yang menguntungkan. Bakteri yang dimaksud yakni Escherecia coli (E. coli). Bakteri ini membusukkan sisa masakan menjadi feses. Feses yang terbentuk menjadi lunak sehingga gampang dikeluarkan. Bakteri ini juga sanggup ,menghasilkan zat yang bermanfaat bagi tubuh, contohnya biotin, asam folat, vitamin K, dan beberapa vitamin B. Sebelum dikeluarkan, feses terkumpul dalam rektum. Rektum merupakan bab simpulan dari usus besar.

Anda kini sudah mengetahui Struktur Usus Besar dan Fungsi Usus Besar. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :
Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment