Wednesday, April 3, 2019

Pintar Pelajaran Struktur Dan Fungsi Bronkus / Cabang Batang Tenggorokan

Struktur dan Fungsi Bronkus / Cabang Batang Tenggorokan pada Manusia - Setelah melalui trakea, udara akan terus masuk menuju cabang batang tenggorokan atau dinamakan bronkus. Batang tenggorokan bercabang menjadi dua bronkus, ialah bronkus sebelah kiri dan sebelah kanan. Pada kedua bronkus terdapat terusan yang menuju paruparu. Apabila bronkus mengalami infeksi, maka timbullah suatu penyakit yang disebut bronkitis. Di dalam paru-paru, bronkus bercabang lagi menjadi bronkiolus. Bronkus sebelah kanan bercabang menjadi tiga bronkeolus, sedangkan bronkus sebelah kiri bercabang menjadi dua bronkiolus. Bronkiolus masih bercabang-cabang lagi membentuk pembuluh-pembuluh yang halus. Cabang-cabang yang terhalus masuk ke dalam gelembung paru-paru atau alveolus. Adanya dinding alveolus menciptakan oksigen berdifusi ke dalam darah, sebaliknya karbon dioksida (CO2) dan air dilepaskan. (Baca juga : Alat Pernapasan pada Manusia)
batang tenggorokan atau dinamakan bronkus Pintar Pelajaran Struktur dan Fungsi Bronkus / Cabang Batang Tenggorokan
Gambar 1. Epitelium dalam bronkus
Anda kini sudah mengetahui Bronkus atau Cabang Batang Tenggorokan. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :
Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment