Tuesday, April 16, 2019

Pintar Pelajaran Sistem Sirkulasi Darah Pada Ikan Pisces

Sistem Sirkulasi Darah pada Ikan Pisces - Alat sirkulasi darah ikan terdiri atas jantung dan sinus venosus. Jantung terdiri atas dua ruangan yaitu atrium dan ventrikel. Jantung terletak di belakang insang, yaitu di dalam rongga perikardium. Sinus venosus ialah struktur penghubung berupa rongga yang mendapatkan darah dari vena dan terbuka di ruang depan jantung. Di antara atrium dan ventrikel terdapat klep untuk menjaga aliran darah tetap searah. Proses sirkulasi darah bermula dari darah yang kaya CO2 dari seluruh badan kembali ke jantung melalui vena dan berkumpul di sinus venosus kemudian masuk ke atrium, dilanjutkan ke ventrikel dan dipompa menuju insang melewati konus arteriosus. Di insang oksigen diikat dan CO2 dilepaskan, kemudian masuk ke aorta dorsalis dan diedarkan ke seluruh tubuh, kemudian kembali ke jantung melalui vena. Perhatikan Gambar 1 dan 2. (Baca juga : Sistem Peredaran Darah Tertutup)
Alat sirkulasi darah ikan terdiri atas jantung dan sinus Pintar Pelajaran Sistem Sirkulasi Darah pada Ikan Pisces
Gambar 1. Sistem sirkulasi darah pada ikan
Alat sirkulasi darah ikan terdiri atas jantung dan sinus Pintar Pelajaran Sistem Sirkulasi Darah pada Ikan Pisces
Gambar 2. Diagram jantung ikan
Sirkulasi darah ikan disebut sirkulasi darah tunggal karena darah beredar hanya sekali melalui jantung, yaitu jantung  insang  seluruh tubuh  jantung.

Anda kini sudah mengetahui Sistem Sirkulasi Darah pada Ikan. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :
Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

No comments:

Post a Comment