Friday, April 5, 2019

Pintar Pelajaran Kelompok Masakan


Kelompok Makanan - Makanan kita sehari-hari sanggup dikelompokkan menjadi lima kelompok berikut.
  1. Makanan yang mengandung banyak karbohidrat nabati, terdapat dalam sumber masakan pokok, contohnya beras, jagung, dan gandum.
  2. Makanan yang mengandung banyak garam mineral terdapat dalam sayur mayur, contohnya kubis, wortel, kacang panjang, dan tomat.
  3. Makanan yang mengandung banyak protein terdapat dalam lauk pauk, contohnya protein dari tumbuhan: tahu dan tempe; atau protein dari hewan: daging dan ikan.
  4. Makanan yang mengandung banyak vitamin dan sifatnya menyegarkan, terdapat dalam buah-buahan.
  5. Makanan yang mengandung lemak
Makanan yang terdiri atas sumber masakan pokok, sayur mayur, lauk pauk, dan buah-buahan dinamakan masakan 4 sehat dan akan menjadi 5 tepat jikalau ditambahkan susu. Susunan menu masakan yang seimbang terdiri dari 50% karbohidrat, 10% lemak, 10% protein hewan, air, serta sejumlah kecil vitamin dan
mineral. Jumlah zat gizi masakan yang diharapkan insan agar tetap sehat berbeda-beda tergantung pada banyak faktor, di antaranya ditentukan oleh umur, berat badan, tingkat kesehatan, jenis kelamin, acara yang dilakukan, serta iklim lingkungan. 

Anda kini sudah mengetahui Kelompok Makanan. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :
Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment