Friday, April 19, 2019

Pintar Pelajaran Sistem Peredaran Darah Pada Katak (Amfibi)

Sistem Peredaran Darah pada Katak (Amfibi) - Katak dan amfibia lainnya mempunyai sistem peredaran darah tertutup, yakni darah beredar melalui pembuluh darah. Selain itu, darah melewati jantung sebanyak dua kali dalam satu peredaran, yang artinya katak mempunyai sistem peredaran darah ganda. Pertama kali, darah dari jantung beredar menuju paru-paru (pulma). Kemudian darah yang berasal dari seluruh jaringan tubuh menuju jantung dan selanjutnya diedarkan kembali ke seluruh jaringan tubuh. Katak dan amfibia lainnya mempunyai jantung yang terbagi tiga ruang, dengan dua atrium (serambi) yaitu atrium kanan dan atrium kiri dan juga satu ventrikel (bilik). Di dalamnya juga terdapat katup (sekat) yang mencegah darah pada ventrikel tidak mengalir kembali ke atrium. Cermati Gambar 1. (Baca juga : Sistem Peredaran Darah pada Vertebrata)
yakni darah beredar melalui pembuluh darah Pintar Pelajaran Sistem Peredaran Darah pada Katak (Amfibi)
Gambar 1. Organ jantung pada katak
Dari banyak sekali jaringan dan organ tubuh, darah yang mengandung sedikit oksigen (O2) akan menuju sinus venosus dan dilanjutkan ke atrium kanan. Kemudian, darah dialirkan menuju ventrikel. Setelah itu, darah mengalir menuju arteri pulmonalis. Akhirnya, darah masuk ke paru-paru. Karbondioksida (CO2) dalam darah pada paru-paru dilepaskan, sedangkan oksigen (O2) diikat oleh darah. Berikutnya, darah yang banyak meng andung oksigen (O2) pada paru-paru ini akan dialirkan menuju vena pulmonalis, lantas diteruskan ke atrium kiri jantung. Peredaran darah yang berlangsung demikian dinamakan peredaran darah kecil.

Sementara itu, darah yang mengandung oksigen (O2) pada atrium kiri jantung akan dialirkan menuju ventrikel. Walaupun sedikit, darah ini akan bercampur dengan darah yang mengandung karbondioksida (CO2). Selanjutnya, darah dalam ventrikel menuju ductus arteriousus (batang nadi) sampai aorta. Aorta ini mempunyai cabang ke kanan dan ke kiri, yang masing-masing bab terdiri atas tiga arteri, yaitu arteri anterior (karotis), lung aorta, dan arteri posterior (arteri pulmo kutaneus). Arteri karotis mengalirkan darah ke kepala dan otak, lung aorta mengalirkan darah ke dalam tubuh, dan arteri pulmo kutaneus mengalirkan darah paru-paru dan kulit. Agar kalian semakin paham mengenai peredaran darah pada Amfibi, cermati Gambar 2.
yakni darah beredar melalui pembuluh darah Pintar Pelajaran Sistem Peredaran Darah pada Katak (Amfibi)
Gambar 2. Sistem peredaran darah pada amfibia
Anda kini sudah mengetahui Sistem Peredaran Darah pada Katak. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment