Wednesday, September 18, 2019

Pintar Pelajaran Macam-Macam, Jenis-Jenis Neraca Pembayaran, Defisit, Surplus, Seimbang

Macam-macam, Jenis-Jenis Neraca Pembayaran, Defisit, Surplus, Seimbang - Pelajarilah uraian di bawah ini.

a. Neraca Pembayaran Defisit

Neraca pembayaran defisit yakni neraca pembayaran yang mengatakan jumlah transaksi pembayaran luar negeri (transaksi debet) lebih besar dibandingkan transaksi penerimaan dari luar negeri (transaksi kredit).

b. Neraca Pembayaran Surplus

Neraca pembayaran surplus yakni neraca pembayaran yang mengatakan transaksi debet lebih kecil dibandingkan transaksi kredit.

c. Neraca Pembayaran Seimbang

Neraca pembayaran seimbang yakni neraca pembayaran yang mengatakan transaksi debet sama dengan transaksi kredit.

Untuk memahami neraca pembayaran surplus dan neraca pembayaran defisit, perhatikanlah tumpuan 1 dan 2 berikut.

Contoh 1 :

 Neraca pembayaran defisit yakni neraca pembayaran yang mengatakan jumlah transaksi pemb Pintar Pelajaran Macam-macam, Jenis-Jenis Neraca Pembayaran, Defisit, Surplus, Seimbang

Contoh 2 :
 Neraca pembayaran defisit yakni neraca pembayaran yang mengatakan jumlah transaksi pemb Pintar Pelajaran Macam-macam, Jenis-Jenis Neraca Pembayaran, Defisit, Surplus, Seimbang

Keterangan:

Pada Contoh 1, diperlihatkan bahwa realisasi ekspor tahun 2002 di atas realisasi impor tahun 2002 sebesar 60.000 yard. Hal ini berarti neraca pembayaran negara X mengalami surplus sebesar 47.500 yard yaitu stok nasional + santunan akomodatif.

Pada Contoh 2, diperlihatkan bahwa realisasi ekspor negara X berada di bawah realisasi impornya sebesar 20.000 yard. Untuk itu negara X akan mengirimkan surat berharga ratifikasi memiliki hutang sebesar 20.000 yard ke negara pengekspor.

Berdasarkan tumpuan dan keterangan tersebut, sanggup disimpulkan sebagai berikut.

1) Penurunan terhadap stok nasional akan menyebabkan terjadinya neraca pembayaran defisit, Adapun kenaikan pada stok nasional akan menyebabkan neraca pembayaran surplus.
2) Jika kelebihan impor atas ekspor ditutupi dengan memakai pinjaman, berarti neraca pembayaran mengalami defisit. Dalam hal ini, perlu diperhatikan yaitu, untuk menutupi kelebihan impor atas ekspor tersebut negara yang bersangkutan memakai santunan otonom maka tidak akan memengaruhi defisit. Namun, kalau untuk menutupi kekurangan tersebut negara yang bersangkutan memakai santunan akomodatif akan memengaruhi defisit.
3) Defisit total dihitung dengan cara menambahkan besarnya penerimaan stok nasional dan santunan akomodatif.
4) Surplus total dihitung dengan cara menjumlahkan kenaikan stok nominal dengan santunan akomodatif.

Anda kini sudah mengetahui Jenis-Jenis Neraca Pembayaran. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widjajanta, B., A. Widyaningsih, dan H. Tanuatmojo. 2009. Mengasah Kemampuan Ekonomi 2 : Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas/Mandrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. p. 146.

No comments:

Post a Comment