Tuesday, September 17, 2019

Pintar Pelajaran Pembayaran Internasional Dengan Kompensasi Pribadi

Pembayaran Internasional dengan Kompensasi Pribadi (Private Compensation) - Kompensasi eksklusif yakni cara pembayaran dengan mengalihkan penyelesaian utang piutang pada seorang penduduk dalam satu negara kawasan penduduk tersebut tinggal.

Contoh:

Yahya mempunyai utang sebanyak £ 100 kepada Mr. Samo di Inggris atau sebanyak Rp1.300.000,00 (dianggap kurs waktu itu menunjukkan £1 = Rp 13.000,00). Kemudia Zakaria mempunyai piutang sebanyak £ 100 kepada Mr. John. Dari keempat orang tersebut penyelesaian utang piutang dilakukan dengan cara Mr. John membayar utangnya kepada Mr. Samo sebanyak £ 100 dan Yahya membayar utangnya sebanyak Pp1.300.000,00 kepada Zakaria. Dengan demikian sudah lunas segala utang piutang mereka atau secara skematis sanggup digambarkan sebagai berikut.
Pembayaran Internasional dengan Kompensasi Pribadi Pintar Pelajaran Pembayaran Internasional dengan Kompensasi Pribadi
Gambar 1. Pembayaran Internasional dengan Kompensasi Pribadi.
Keterangan:

1. Pembeli (Indonesia) mengimpor barang dari penjual (Inggris) sehingga mempunyai utang.
2. Pembeli (Inggris) mengimpor barang dari penjual barang dari penjual (Indonesia) sehingga mempunyai utang.
3. Pelunasan utang dalam suatu negara.

Cara pembayaran ini dipakai di Indonesia sekitar tahun 1960-an, namun kini sudah tidak banyak lagi dipakai dalam perdagangan internasional.

Anda kini sudah mengetahui Pembayaran Internasional dengan Kompensasi Pribadi. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Ismawanto. 2009. Ekonomi 2 : Untuk Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. p. 241.

No comments:

Post a Comment