Pengertian APBN dan APBD, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Sumber, Kebijakan Pemerintah di Bidang Fiskal, Jenis Pendapatan dan Pengeluaran Negara, Anggaran, Ekonomi - Dalam perjuangan meningkatkan pembangunan ekonomi, yang biasanya diukur dengan pertambahan pendapatan nasional, terdapat beberapa instrumen kebijakan yang sanggup digunakan. Salah satu instrumen kebijakan tersebut yaitu kebijakan fiskal yang berafiliasi bersahabat dengan duduk perkara anggaran penerimaan dan pengeluaran yang dilakukan pemerintah. Penerimaan dan pengeluaran negara berkaitan dengan duduk perkara keuangan negara, sedangkan penerimaan dan pengeluaran kawasan berkaitan dengan duduk perkara keuangan daerah. Seperti halnya keuangan negara yang identik dengan APBN, keuangan kawasan identik dengan APBD. Materi dalam kepingan ini akan difokuskan pada kebijakan pemerintah dalam mengatur anggaran penerimaan dan pengeluaran negara dan kawasan yaitu APBN dan APBD.
A. Pengertian, Fungsi, serta Tujuan APBN dan APBD
1.1. Pengertian APBN dan APBD
1.1.1. Pengertian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)
Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yaitu kebijakan fiskal dalam konteks pembangunan Indonesia. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara pada hakikatnya merupakan planning kerja pemerintah yang akan dilakukan dalam satu tahun yang dituangkan dalam angka-angka rupiah. Secara singkat, APBN didefinisikan sebagai daftar sistematis yang memuat planning penerimaan dan pengeluaran negara selama satu tahun yang dinyatakan dalam rupiah. Anggaran mengandung sisi penerimaan dan sisi pengeluaran dengan skala yang lebih besar dan jenis acara yang rumit.
Landasan aturan APBN, yaitu Pasal 23 ayat 1 Undang-Undang Dasar 1945, yang menyampaikan “Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sebagai wujud dari pengelolaan keuangan negara ditetapkan setiap tahun dengan undang-undang dan dilaksanakan secara terbuka dan bertanggung jawab untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”. Jika dewan perwakilan rakyat tidak menyetujui anggaran yang diusulkan pemerintah, pemerintah menggunakan anggaran tahun lalu. Struktur dasar APBN terdiri atas sisi penerimaan dan sisi pengeluaran negara. Sisi penerimaan negara terdiri atas penerimaan dalam negeri (migas, pajak, dan bukan pajak), dan penerimaan luar negeri atau proteksi luar negeri yang disebut juga penerimaan pembangunan mencakup proteksi jadwal dan proteksi proyek.
Adapun sisi pengeluaran negara, terdiri atas pengeluaran rutin (antara lain: belanja barang, belanja pegawai, dan subsidi kawasan otonom), dan pengeluaran pembangunan yang merupakan biaya pelaksanaan proyek-proyek pemerintah. Penerimaan pembangunan dalam anggaran negara ditujukan untuk menutupi kekurangan penerimaan yang lebih kecil.
Tabel 1. Struktur Dasar APBN (format lama)
Sisi Penerimaan | Sisi Pengeluaran | ||
A. | Penerimaan dalam negeri, terdiri atas: | C. | Pengeluaran rutin, terdiri atas: |
1. penerimaan migas dan non migas; | 1. belanja pegawai; | ||
2. penerimaan pajak; | 2. belanja barang; | ||
3. penerimaan bukan pajak. | 3. subsidi kawasan otonom; | ||
B. | Penerimaan pembangunan, terdiri atas: | 4. bunga dan cicilan utang; | |
5. lain-lain. | |||
1. proteksi program; 2. proteksi proyek. | D. | Pengeluaran pembangunan, terdiri atas: 1. pembiayaan pembangunan rupiah; 2. pembiayaan proyek. |
Di kala reformasi, format APBN ini kemudian mengalami perubahan, menyerupai terlihat dalam Tabel 2. berikut.
Tabel 2. Struktur Dasar APBN (format sekarang)
Uraian | ||
A. Pendapatan Negara dan Hibah | ||
A.1. Penerimaan dalam negeri | ||
a) | Penerimaan perpajakan | |
i. | Pajak dalam negeri | |
1. Pajak penghasilan | ||
a. Migas | ||
b. Non migas | ||
2. Pajak pertambahan nilai | ||
3. Pajak bumi dan bangunan | ||
4. Bea perolehan atas tanah dan bangunan | ||
5. Cukai | ||
6. Pajak lainnya | ||
ii. | ||
1. Bea masuk | ||
2. Pajak/Pungutan ekspor | ||
b) | Penerimaan bukan pajak | |
i. | Penerimaan SDA | |
1. Minyak bumi | ||
2. | Gas alam | |
3. | Pertambangan umum | |
4. | Kehutanan | |
5. | Perikanan | |
ii. Bagian keuntungan BUMN | ||
iii. PNBP lainnya | ||
A.2. Hibah | ||
B. Belanja Negara | ||
B.1. Anggaran belanja pemerintah pusat | ||
a) Pengeluaran rutin | ||
b) Pengeluaran pembangunan | ||
B.2. Anggaran belanja untuk kawasan | ||
a) Dana perimbangan | ||
b) Dana otonomi khusus dan penyeimbang | ||
C. Keseimbangan Primer | ||
D. Surplus/Defisit Anggaran (A–B) | ||
E. Pembiayaan (E1+E2) | ||
E.1 Pembiayaan dalam negeri | ||
E.2 Pembiayaan luar negeri (Neto) |
1.1.2. Pengertian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)
Seperti halnya kebijakan fiskal dalam APBN, keuangan kawasan yang ditunjukkan dalam APBD juga menggambarkan perihal perkembangan kondisi keuangan dari suatu pemerintahan daerah. APBD yaitu suatu citra perihal perencanaan keuangan kawasan yang terdiri atas proyeksi penerimaan dan pengeluaran suatu pemerintahan kawasan dalam suatu periode tertentu.
Landasan aturan APBD yaitu Undang-Undang No. 22 Tahun 1999, perihal Pemerintahan Daerah dalam pasal 78 ayat 1 yang menyatakan bahwa penyelenggaraan kiprah pemerintah kawasan dan DPRD didanai dari dan atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).
1.2. Fungsi APBN dan APBD [1]
Fungsi APBN dan APBD berdasarkan Undang-Undang No. 17 Tahun 2003, yaitu sebagai berikut.
a. Fungsi Otorisasi
Fungsi otorisasi mengandung arti bahwa anggaran negara dan kawasan menjadi dasar untuk melakukan pendapatan dan belanja pada tahun yang bersangkutan.
b. Fungsi Perencanaan
Fungsi perencanaan mengandung arti bahwa anggaran negara dan kawasan menjadi pedoman bagi manajemen dalam merencanakan acara pada tahun yang bersangkutan.
c. Fungsi Pengawasan
Fungsi pengawasan mengandung arti bahwa anggaran negara dan kawasan menjadi pedoman untuk menilai apakah acara penyelenggaraan pemerintahan negara sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
d. Fungsi Alokasi
Fungsi alokasi mengandung arti bahwa anggaran negara dan kawasan harus diarahkan untuk mengurangi pengangguran dan pemborosan sumber daya, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas perekonomian.
e. Fungsi Distribusi
Fungsi distribusi mengandung arti bahwa kebijakan anggaran negara dan kawasan harus memerhatikan rasa keadilan dan kepatutan.
1.3. Tujuan Penyusunan APBN dan APBD
Tujuan penyusunan APBN atau APBD yaitu sebagai pedoman penerimaan dan pengeluaran negara atau daerah, biar terjadi keseimbangan yang dinamis, demi tercapainya peningkatan produksi, peningkatan kesempatan kerja, pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi. Adapun tujuan hasilnya yaitu mencapai masyarakat yang adil dan makmur material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
Berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945, pemerintah wajib menyusun APBN. Sebelum menjadi APBN, pemerintah menyusun Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN). Di Indonesia, pihak yang bertugas menyusun RAPBN yaitu pemerintah, dalam hal ini presiden dibantu para menterinya. Biasanya, presiden menyusun RAPBN dalam bentuk nota keuangan. Nota keuangan tersebut kemudian disampaikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk disidangkan. RAPBN biasanya disampaikan sebelum tahun anggaran yang akan dilaksanakan. RAPBN yang diajukan presiden kepada dewan perwakilan rakyat akan disidangkan dan dibahas kelayakannya oleh DPR.
Jika disetujui oleh DPR, RAPBN tersebut akan menjadi APBN. APBN ini akan dikembalikan kepada pemerintah untuk dilaksanakan. Jika RAPBN tersebut ditolak DPR, pemerintah harus menggunakan kembali APBN tahun kemudian tanpa perubahan. Untuk lebih jelasnya, Anda sanggup melihat cara penyusunan APBN pada Bagan 1. berikut.
Bagan 1. Penyusunan APBN. |
B. Sumber-Sumber Pendapatan Negara dan Daerah
2.1. Sumber-Sumber Penerimaan/Pendapatan Negara
Di Indonesia penerimaan negara, sanggup dibedakan atas dua sumber, yaitu sebagai berikut.
- Penerimaan dalam negeri. Penerimaan ini terdiri atas penerimaan minyak dan gas bumi (migas) dan penerimaan di luar migas.
- Penerimaan pembangunan. Penerimaan ini terdiri atas, proteksi jadwal dan proteksi proyek.
Penerimaan dalam negeri memegang peranan yang penting dalam membiayai acara pembangunan. Dengan meningkatkan acara pembangunan tersebut, maka penerimaan dalam negeri pun terus diusahakan biar meningkat. Dalam perkembangannya, ketergantungan penerimaan dalam negeri pada sektor migas harus dikurangi. Dengan demikian, penerimaan dalam negeri dari sektor di luar migas, dalam hal ini penerimaan pajak, dan bukan pajak, perlu ditingkatkan. Dana luar negeri masih tetap dimanfaatkan terutama untuk melengkapi sumber pembiayaan dalam negeri. Walaupun demi kian, jumlah serta persyaratannya (antara lain tidak adanya ikatan politis) harus dipertimbangkan.
2.2. Sumber-Sumber Pendapatan Pemerintah Daerah
Sebelum berlaku otonomi daerah, sumber keuangan daerah, baik provinsi, kabupaten maupun kota, yaitu berdasarkan Undang-Undang No. 18 Tahun 1997 perihal Pemerintahan Daerah, yaitu sebagai berikut.
- Penerimaan Asli Daerah (PAD)
- Bagi hasil pajak dan bukan pajak
- Bantuan pusat (APBN) untuk kawasan tingkat I dan II
- Pinjaman daerah
- Sisa lebih anggaran tahun lalu
- Lain-lain penerimaan kawasan yang sah
Sejalan dengan adanya pelimpahan sebagian wewenang pemerintahan dari pusat ke kawasan melalui Undang-Undang No. 22 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 perihal Pemerintahan Daerah dan Undang-Undang. No. 25 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang No. 33 tahun 2004 perihal perimbangan keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah, terjadi perubahan dalam sumber pendapatan daerah, yakni dengan dimasukkannya komponen dana perimbangan dalam struktur APBD.
Dana perimbangan yaitu dana yang bersumber dari penerimaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dialokasikan kepada kawasan untuk membiayai kebutuhan kawasan dalam rangka pelaksanaan desentralisasi. Dana perimbangan merupakan bentuk pelaksanaan kebijakan desentralisasi fiskal pemerintah pusat di kala otonomi daerah.
Secara garis besar, sumber pendapatan pemerintah daerah, yaitu sebagai berikut.
2.2.1. Pendapatan Asli Daerah (PAD)
Sumber Pendapatan Asli Daerah, yaitu:
- pajak daerah;
- retribusi daerah;
- bagian pemda dari hasil keuntungan perusahaan milik kawasan (BUMD);
- hasil pengelolaan kekayaan kawasan yang dipisahkan;
- sumbangan dari pihak ketiga yang diatur dalam Undang-Undang.
2.2.2. Dana Perimbangan
Sumber dana perimbangan, yaitu dana bagi hasil, Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Alokasi Khusus (DAK).
1) Dana bagi hasil, terdiri atas:
a) kepingan kawasan dari penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB);
b) kepingan kawasan dari penerimaan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB);
c) kepingan kawasan dari penerimaan sumber daya alam.
2) Dana Alokasi Umum (DAU), yaitu proteksi umum yang dipakai sesuai dengan prioritas pembangunan kawasan dalam batas-batas isyarat pemerintah pusat yang bertujuan mengurangi ketimpangan horizontal antardaerah. Contohnya, proteksi blok yang penggunaan dananya untuk memenuhi kebutuhan pelayanan di daerah.
3) Dana Alokasi Khusus (DAK), yaitu proteksi khusus yang dipakai untuk acara pembangunan yang sasarannya telah ditetapkan oleh pemerintah pusat yang bertujuan mengurangi ketimpangan vertikal antara pusat dan daerah. Contohnya, pembangunan di kawasan yang berbatasan dengan negara lain.
2.2.3. Sumber Lain Pendapatan Daerah yang Sah
Sumber lain pendapatan kawasan yang sah, di antaranya dari:
- sisa lebih perhitungan anggaran daerah;
- penerimaan pinjaman daerah;
- dana cadangan daerah;
- hasil penjualan kekayaan kawasan yang dipisahkan.
Selain sumber-sumber pendapatan yang telah dijelaskan, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami, yaitu berkaitan dengan perbedaan pendapatan kawasan dengan pendapatan kawasan yang sudah otonomi. Daerah-daerah yang tidak diberikan otonomi khusus, selain mendapat sumber pendapatan dari potensi sumber daya alam yang dimiliki, juga dana yang diberikan oleh pemerintah pusat. Namun, untuk kawasan yang diberi kewenangan melalui otonomi, kawasan mempunyai kewenangan yang lebih besar dalam pembagian dana antara pusat dan daerah.
Peranan Pendapatan Asli Daerah (PAD) masih relatif kecil dalam struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Padahal, PAD yaitu satu komponen pendapatan kawasan yang sangat dibutuhkan menjadi sumber utama keuangan kawasan dalam pelaksanaan otonomi. Dengan kata lain, peranan penerimaan yang berasal dari pemerintah pusat dalam bentuk bagi hasil pajak dan bukan pajak, sumbangan dan proteksi masih mendominasi struktur APBD. Sumber-sumber penerimaan yang relatif besar pada umumnya dikelola oleh pemerintah pusat, sedangkan sumber penerimaan yang relatif kecil dikelola oleh pemerintah daerah.
Tabel 3. Realisasi penerimaan Pemerintah Daerah Tk I seluruh Indonesia berdasarkan jenis penerimaan (dalam jutaan rupiah)
No. | Jenis Penerimaan | 1994/1995 | % | 1995/1996 | % |
1. | Sisa lebih perhitungan anggaran tahun kemudian | 583.815 | 6,01 | 926.244 | 8,19 |
2. | PAD | 3.009.751 | 24,50 | 3.854.281 | 34,07 |
3. | Bagi hasil pajak/bukan pajak | 753.349 | 7,76 | 986.737 | 8,72 |
4. | Sumbangan dan proteksi | 5.310.364 | 54,69 | 5.489.016 | 48,52 |
5. | Penerimaan pembangunan | 51.848 | 0,53 | 57.347 | 0,51 |
Sumber: INDEF, dikutip dari Tambunan, 2001 |
Sementara itu, berdasarkan laporan Econit, peranan PAD dalam APBD terlihat dalam Tabel 4. berikut.
Tabel 4. Peran PAD terhadap APBD Dati I seluruh Indonesia berdasarkan APBN 1999/2000 (dalam miliar rupiah)
Dati I | APBD | PAD | %PAD terhadap APBD |
DI. Aceh | 153.739 | 48.681 | 31,66 |
Sumut | 413.073 | 204.570 | 49,52 |
Sumbar | 158.503 | 56.958 | 35,93 |
Riau | 317.686 | 94.110 | 29,62 |
Jambi | 116.755 | 31.600 | 27,06 |
Sumsel | 271.494 | 101.002 | 37,20 |
Bengkulu | 97.449 | 19.125 | 19,62 |
Lampung | 181.137 | 74.697 | 41,23 |
DKI Jakarta | 2.793.000 | 1.721.045 | 61,61 |
Jabar | 885.180 | 537.717 | 60,74 |
Jateng | 703.677 | 385.451 | 54,77 |
Yogyakarta | 139.742 | 62.802 | 44,94 |
Jatim | 875.804 | 550.033 | 62,80 |
Bali | 202.314 | 120.917 | 54,76 |
Kalbar | 167.280 | 49.087 | 29,34 |
Kalteng | 182.600 | 23.500 | 12,86 |
Kalsel | 161.275 | 48.895 | 30,31 |
Kaltim | 291.055 | 82.737 | 28,42 |
Sulut | 125.971 | 23.462 | 18,62 |
Sulteng | 136.035 | 25.918 | 19,05 |
Sulsel | 255.772 | 94.374 | 36,89 |
Sultra | 106.733 | 11.641 | 10,90 |
NTB | 115.184 | 24.381 | 21,16 |
NTT | 123.525 | 21.851 | 17,68 |
Maluku | 133.034 | 19.902 | 17,68 |
Irian Jaya | 289.922 | 25.352 | 14,96 |
Sumber: Econit, dikutip dari Saragih, 2003 |
Pajak dan retribusi kawasan yaitu satu sumber penerimaan PAD yang terbesar. PAD sendiri yaitu komponen penting dalam APBD apalagi di kala otonomi daerah, meskipun masih ada kawasan yang mengandalkan proteksi dari pusat. (Sumber: Pengantar Mikro Ekonomi, 2003)
C. Kebijakan Pemerintah di Bidang Fiskal
D. Jenis-Jenis Pengeluaran Negara dan Daerah serta Pengaruhnya terhadap Perekonomian
4.1. Jenis-Jenis Pengeluaran Pemerintah Pusat dan Daerah
4.1.1. Jenis-Jenis Pengeluaran Pemerintah Pusat
Pengeluaran pemerintah merupakan salah satu aspek penggunaan sumber daya ekonomi yang secara pribadi dikuasai dan dimiliki oleh pemerintah (pusat maupun daerah) dan secara tidak pribadi dimiliki oleh masyarakat melalui pembayaran pajak. Di Indonesia, pengeluaran pemerintah sanggup dibedakan berdasarkan dua klasifikasi, sebagai berikut.
- Pengeluaran rutin pemerintah, yaitu pengeluaran untuk pemeliharaan atau penyelenggaraan pemerintah sehari-hari. Termasuk dalam pengeluaran rutin, yaitu belanja pegawai, belanja barang, subsidi kawasan otonom, bunga, dan cicilan utang luar negeri.
- Pengeluaran pembangunan, yaitu pengeluaran untuk pembangunan, baik fisik menyerupai jalan, jembatan, gedung-gedung dan pembelian kendaraan dinas, maupun pembangunan nonfisik spritual, menyerupai penataran dan training.
4.1.2. Jenis-Jenis Pengeluaran Daerah
Seperti halnya pengeluaran negara dalam APBN, pengeluaran kawasan juga merupakan salah satu komponen yang harus ada dalam setiap penyusunan APBD. Secara singkat, komponen yang menyusun APBD, yaitu pendapatan daerah, belanja daerah, dan pembiayaan. Secara umum komposisi pengeluaran bagi kawasan yaitu sama dengan komposisi pengeluaran negara. Setiap kawasan mempunyai komposisi pengeluaran kawasan yang berbeda-beda. Bagaimanapun, komposisi dari APBD suatu kawasan harus diubahsuaikan dengan perkembangan keuangan pemerintah kawasan yang bersangkutan. Setiap kawasan tidak harus memaksakan diri untuk memperbesar pengeluaran tanpa diimbangi dengan kemampuan pendapatannya, khususnya kapasitas pendapatan orisinil kawasan (PAD)-nya.
Rangkuman :
- APBN didefinisikan sebagai daftar sistematis yang memuat rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara yang berupa penerimaan dan pengeluaran negara selama satu tahun yang dinyatakan dalam rupiah.
- APBD yaitu suatu citra perihal rancangan anggaran dan pendapatan belanja kawasan berupa
- keuangan kawasan yang terdiri atas proyeksi penerimaan dan pengeluaran suatu pemerintahan kawasan dalam suatu periode tertentu.
- Struktur dasar APBN terdiri atas sisi penerimaan dan sisi pengeluaran negara. Sejalan dengan berlakunya otonomi daerah, struktur APBN mengalami perubahan yang cukup fundamental yang ditunjukkan oleh adanya pos dana perimbangan.
- Fungsi APBN dilaksanakan sesuai dengan Trilogi Pembangunan: pertumbuhan, pemerataan dan stabilisasi. Fungsi APBN mencakup fungsi alokasi, fungsi distribusi, dan fungsi stabilisasi.
- APBD pada pemerintahan kawasan menyerupai halnya APBN dalam pemerintahan pusat, mempunyai tiga fungsi utama, yaitu fungsi alokasi, fungsi distribusi, dan fungsi stabilisasi.
- Sumber penerimaan negara terdiri atas penerimaan dalam negeri dan penerimaan pembangunan. Penerimaan dalam negeri terdiri atas penerimaan minyak dan gas bumi (migas), dan peneriman di luar migas. Penerimaan pembangunan terdiri atas proteksi jadwal dan proteksi proyek.
- Secara garis besar sumber pendapatan pemerintah kawasan yaitu sebagai berikut: PAD, dana perimbangan, pinjaman, dan lain-lain pendapatan kawasan yang sah.
- Dana perimbangan merupakan bentuk pelaksanaan kebijakan desentralisasi fiskal pemerintah pusat di kala otonomi daerah.
- Pengeluaran pemerintah terdiri atas pengeluaran rutin dan pengeluaran pembangunan.
- Pengeluaran rutin pemerintah, yaitu pengeluaran untuk pemeliharaan atau penyelenggaraan pemerintah sehari-hari, menyerupai belanja pegawai dan belanja barang. Adapun pengeluaran pembangunan, yaitu pengeluaran untuk membiayai proyek-proyek pembangunan, menyerupai jalan raya, jembatan, dan gedung-gedung (infrastruktur).
- Secara umum komposisi pengeluaran bagi kawasan yaitu sama dengan komposisi pengeluaran negara. Setiap kawasan mempunyai komposisi pengeluaran kawasan yang berbeda-beda.
- APBN dan APBD mempunyai imbas yang besar terhadap perekonomian. Pengaruh ini sanggup terlihat antara lain pada sektor moneter, neraca pembayaran, dan sektor produksi.
- Pada dasarnya kebijakan anggaran terbagi atas dua macam, yaitu kebijakan anggaran berimbang dan kebijakan anggaran tidak berimbang.
- Kebijakan anggaran berimbang ialah kebijakan anggaran yang besarnya penerimaan (dari sektor migas dan pajak) dengan pengeluaran pemerintah sama besarnya.
- Kebijakan anggaran berimbang dinamis biasanya disertai dengan peningkatan nilai APBN dalam setiap perubahan tahun anggaran.
- Anggaran tidak berimbang dibedakan atas anggaran defisit (deficit budget) dan anggaran surplus (surplus budget).
Referensi :
Arifin, I. dan G. H. Wagian. 2009. Membuka Cakrawala Ekonomi 2 : Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas/Mandrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. p. 170.
Referensi Lainnya :
[1] Widjajanta, B., A. Widyaningsih, dan H. Tanuatmojo. 2009. Mengasah Kemampuan Ekonomi 2 : Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas/Mandrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. p. 146.
Referensi Lainnya :
[1] Widjajanta, B., A. Widyaningsih, dan H. Tanuatmojo. 2009. Mengasah Kemampuan Ekonomi 2 : Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas/Mandrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. p. 146.
No comments:
Post a Comment