Friday, September 13, 2019

Pintar Pelajaran Jadwal Studi, Jurusan, Fakultas Favorit Di Uns

Program Studi, Jurusan, Fakultas Favorit Di UNS - Ketika memutuskan untuk melanjutkan ke sekolah tinggi tinggi, biasanya banyak calon mahasiswa yang akan menentukan untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah tinggi tinggi negeri. Perguruan tinggi negeri dinilai lebih murah dan terjangkau dari segi biaya pendidikan. Selain itu kualitas pendidik di lingkup sekolah tinggi tinggi juga dinilai jauh lebih memadai dibanding para pendidik dari sekolah tinggi tinggi swasta. Bukan berarti bahwa sekolah tinggi tinggi swasta akan mempunyai tenaga pendidik dengan kualitas yang jauh  lebih jelek dibandingkan sekolah tinggi tinggi negeri. Banyak pula sekolah tinggi tinggi swasta mempunyai kualitas dan legalisasi manis yang juga mempunyai tenaga pendidik dengan kualifikasi yang manis pula. Namun biasanya biaya pendidikan di Perguruan Tinggi Swasta jauh lebih mahal sehingga Perguruan Tinggi Negeri tetap jauh lebih diminati. Salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang diminati ialah Universitas Sebelas Maret, Surakarta yang lebih sering disebut sebagai UNS. Apa saja aktivitas studi favorit di UNS?
 Ketika memutuskan untuk melanjutkan ke sekolah tinggi tinggi Pintar Pelajaran Program Studi, Jurusan, Fakultas Favorit Di UNS
Gedung Rektorat UNS. [1]
Setidaknya ada tiga aktivitas studi favorit di UNS yang selalu dibanjiri oleh peminat dan bahkan kuota yang disediakan tidak pernah bisa menampung jumlah pendaftar yang selalu membanjir. Hampir semua pendaftar untuk setiap jurusan atau aktivitas studi yang terdaftar untuk tahun 2013 saja melebihi seribu pendaftar. Sedangkan dominan daya tampung untuk masing-masing aktivitas studi tidak melebihi kisaran angka 50. Diantara banyak sekali macam aktivitas studi atau jurusan yang selalu ramai tersebut, jurusan atau aktivitas studi apa yang paling diminati? Berikut tiga jurusan paling diminati dan menjadi favorit pendaftar untuk tahun 2013 kemarin.

1. Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD)

Program studi Pendidikan Dokter Fakultas kedokteran UNS merupakan aktivitas studi favorit di UNS yang menduduki peringkat pertama. Sebagaimana fakultas kedokteran di banyak sekali macam universitas negeri lainnya, di UNS Pendidikan Dokter juga sangat diminati oleh banyak pelajar yang mempunyai keinginan untuk menjadi dokter. Pendidikan strata S1 ini memang selalu ramai peminat dari seluruh kawasan di Indonesia. Program studi yang satu ini semenjak 2005 telah mendapat legalisasi A (sangat baik) dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) DIKTI. Dengan demikian tidak beralasan kalau semakin banyak calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tingginya untuk menjadi dokter profesional dari Universitas Negeri Sebelas Maret.

Untuk thun 2013 kemarin tercatat ada sekitar 4.789 peminat yang mendaftar untuk mencar ilmu menjadi dokter di aktivitas studi favorit di UNS ini. Sedangkan daya tampung untuk aktivitas studi yang satu ini hanya meliputi sekitar 92 kursi. Dengan demikian bisa dibayangkan banyaknya pelamar yang harus menelan pil pahit dikarenakan tidak diterima untuk memenuhi jumlah bangku yang ada. Hanya para calon mahasiswa yang mempunyai kompetensi dan juga ilmu pengetahuan yang tinggi yang akan diterima alasannya ialah dari semua akseptor hanya akan diambil 92 pendaftar terbaik menurut hasil seleksi masuk sekolah tinggi tinggi yang dilakoninya. Selain itu laba mencar ilmu kedokteran di UNS ialah selain dengan nilai akreditasinya yang manis yang sudah menjadi jaminan mutu fakultas, untuk biaya kuliah yang dipatok oleh universitas ini juga sangat terjangkau. Menurut sumber yang ada dana UKT (Uang Kuliah Tunggal) untuk aktivitas kependidikan dokter hanya memerlukan biaya kurang dari 6 juta rupiah. Untuk pendidikan dokter sudah bisa dipastikan biaya ini sangat murah dan juga terjangkau.

Di aktivitas studi favorit di UNS pilihan pertama ini para mahasiswa akan diajari banyak sekali macam bidang ilmu yang bekerjasama dengan anatomi badan manusia, banyak sekali macam penyakit dan juga banyak sekali bidang keilmuan lainnya yang akan bisa meningkatkan kemampuan para mahasiswa mengenai dunia kedokteran. Para mahasiswa juga akan menjalani banyak sekali macam praktikum dan juga latihan untuk bisa meningkatkan kemampuan mereka sebagai tenaga dokter handal sebelum terjun eksklusif ke masyarakat. Setelah lulus dari aktivitas studi kependidikan kedokteran ini maka semua lulusan akan bisa terjun ke masyarakat dengan bekerja sebagai dokter di lembaga swasta atau milik pemerintah. Para lulusan dari jurusan kedokteran juga bisa menjadi tim peneliti handal atau menjadi tenaga pengajar di UNS atau banyak sekali universitas lainnya.

2. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Program studi favorit di UNS yang kedua ialah aktivitas studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jika aktivitas studi ini banyak diserbu oleh pendaftar, hal ini bukan tanpa alasan yang jelas. Sudah banyak prestasi pendidikan yang ditorehkan oleh aktivitas studi andalan kedua dari Universitas Sebelas Maret ini. Program studi ini sudah melaksanakan banyak sekali kerjasama dengan lembaga kawan lainnya dalam bidang pendidikan dan pernah pula menyelenggarakan banyak sekali macam lembaga ilmiah dalam bentuk lokakarya dalam hal penyusunan kurikulum, pembuatan media pembelajaran SD, penelitian di dalam kelas dan juga banyak sekali bidang kerjasama lainnya.

Jumlah pendaftar yang ingin menjadi mahasiswa di aktivitas studi favorit di UNS nomor dua ini ada sekitar 2.500 lebih. Dan UNS sendiri hanya menyediakan bangku untuk 64 mahasiswa. Akibatnya persaingan yang sangat ketat terjadi diantara para pendaftar dan hanya 64 pelajar terbaik yang lulus tes lah yang berhak untuk melanjutkan pendidikan di aktivitas studi PGSD ini. Di fakultasnya, para mahasiswa akan diajari wacana banyak sekali macam bahan pelajaran SD hingga dengan hal-hal yang berbau teknis menyerupai pembuatan kurikulum dan juga banyak sekali bidang lainnya yang mendukung teladan asuh di tingkat SD. Mayoritas lulusan dari aktivitas studi PGSD ini akan sanggup eksklusif bekerja sebagai tenaga pendidik di SD-SD yang ada di seluruh kawasan di Indonesia.

3. Program Studi Teknik Informatika

Program studi favorit di UNS yang ketiga ialah aktivitas studi Teknik Informatika atau TI. Saat ini banyaknya kebutuhan akan tenaga di bidang informatika menyerupai ilmu komputer, sistem info dan juga bidang informatika menjadi alasan mengapa lulusan di bidang ini akan mempunyai kesempatan kerja yang sangat baik. Karena itulah maka daya tarik atas bidang pendidikan TI ini menjadi ramai peminat. Sayangnya untuk daya tampung mahasiswa di aktivitas studi ini masih mematok jumlah yang sangat rendah yaitu hanya sekitar 20 orang saja. Sedangkan peminat yang mendaftar sudah melebihi 2.000 pendaftar. Dengan jumlah pendaftar yang sangat fantastis maka daya kompetitif untuk masuk ke jurusan ini juga menjadi sangat ketat. Saat ini jurusan TI di UNS mempunyai legalisasi B dan para mahasiswa akan mendapat banyak sekali ilmu yang bermanfaat mengenai sistem informasi, pemrograman dan juga banyak sekali bahan lainnya. Para lulusan mempunyai kesempatan yang sangat luas untuk bekerja di banyak sekali bidang sehubungan dengan info dan teknologi.

Dengan demikian Pendidikan Dokter, Pendidikan Guru SD dan juga aktivitas studi Teknik Informatika ialah tiga aktivitas studi favorit di UNS yang selalu dibanjiri oleh pendaftar. Tingginya tingkat kompetensi untuk masuk ke dalam banyak sekali jurusan tersebut menjadi semakin ketat alasannya ialah banyaknya peminat yang tidak bisa tertampung dalam kuota mahasiswa yang dipatok oleh universitas. Namun memang faktanya jurusan yang baik akan tetap mempunyai daya saing yang tinggi alasannya ialah memang layak untuk diperjuangkan.

Sumber Gambar :


Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis yang disarikan dari banyak sekali sumber sehingga anda harus mengecek kembali keakuratan data di atas. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

No comments:

Post a Comment