Tuesday, September 17, 2019

Pintar Pelajaran Kegiatan Studi, Jurusan, Fakultas Favorit Di Ui

Program Studi, Jurusan, Fakultas Favorit Di UI - Kota Jakarta tidak hanya populer dengan hiruk-pikuk kemacetan dan gedung bertingkat saja. Perguruan tinggi ibarat UI pun juga menjadi cermin keberadaan Jakarta. Dengan lokasi perguruan tinggi tinggi yang nyaman untuk sarana kawasan menimba ilmu menciptakan kampus UI dicintai oleh mahasiswanya. Universitas Indonesia atau UI semenjak dahulu menjadi perguruan tinggi tinggi negeri yang membanggakan. Ketika ada yang berhasil masuk menjadi mahasiswa di kampus UI maka rasa gembira yang luar biasa tidak terbendung sudah. Prestasi UI begitu terlihat baik dari dosen, mahasiswa, hingga universitas itu sendiri. Perebutan prestasi UI sebagai perguruan tinggi tinggi negeri terbaik pun begitu terlihat. Bersaing dengan dua perguruan tinggi tinggi negeri yang lain yaitu, UGM dan ITB, UI pun harus rela berada pada peringkat ketiga. Walaupun begitu, nama kampus UI tidak sanggup hilang dan dilupakan begitu saja. Apalagi saat ekspresi dominan penerimaan calon mahasiswa gres kembali di buka. Nama UI akan silih berganti disebutkan oleh orang-orang calon mahasiswa baru. Hanya merebut satu bangku saja sangat sulit dilakukan saat masuk di UI.
 Kota Jakarta tidak hanya populer dengan hiruk Pintar Pelajaran Program Studi, Jurusan, Fakultas Favorit Di UI
Gedung rektorat yang sering dijadikan ikon UI. [1]
Keberadaan sebuah perguruan tinggi tinggi negeri tidak pernah luput dari segudang prestasi yang ditorehkan. Itulah yang ditunjukkan oleh UI baik di mata nasional maupun internasional. Prestasi menjadi juara dalam kompetisi Maybank Go Ahead Challenge pernah diraih oleh mahasiswa UI. Pada tahun 2012, UI pun berhasil meraih penghargaan eksklusif dalam jumlah banyak yaitu, tujuh penghargaan dalam The European Intenational Model United Nations. Tidak luput paduan bunyi UI pun berhasil meraih penghargaan di tahun yang sama dengan lokasi di Hongaria pada ajang International Choir Competition and Folklore Festival. Masuk tahun 2013, mahasiswa UI berhasil meraih juara tiga dalam SRC APDSA di Sanur. Juara kedua dalam Scientific Research Competition SEA Division Listerine di Bangkok, Thailand. Juara pertama SRC APDSA dan dalam SEAADE. Prestasi kampus UI terlihat lebih mengarah pada ajang internasional.
 
Tidak hanya prestasi yang menciptakan kampus UI begitu populer oleh masyarakat. Setiap fakultas di kampus UI pun juga menjadi primadona tersendiri. Pada tahun lalu, 2013, ada beberapa fakultas yang harus kerepotan mendapatkan pendaftar SNMPTN calon mahasiswa baru. Peminat yang begitu tinggi menciptakan seleksi begitu ketat dilaksanakan. Hanya sekian bangku yang disediakan namun harus diperebutkan oleh banyak orang. Terlebih untuk fakultas serta kegiatan studi favorit yang ada di UI ini.
 
1. Program Studi Pendidikan Dokter
 
Masih sama ibarat pada tahun-tahun sebelumnya untuk fakultas favorit di kampus UI yang benar-benar menjadi primadona ialah Fakultas Kedokteran, terutama kegiatan studi Pendidikan Dokter. Tentu fakultas favorit banyak diminati oleh calon mahasiswa gres sebab mata kuliah yang menarik serta masa depan yang begitu menjanjikan. Dengan menuju pada hal perkuliahan, tentu mempelajari ilmu pendidikan dokter memang menarik. Pada tahun pertama maka mata kuliah dasar tentu akan lebih diperkenalkan terlebih dahulu. Kemudian untuk menuju mata kuliah yang lebih fokus pada dunia kedokteran, di kampus UI mempelajari banyak hal. Beberapa di antara yang biasa dipelajari ialah anastesiologi yang berkaitan dengan obat untuk membius pasien saat akan dilakukan operasi atau tindakan lain. mata kuliah lain berupa ilmu bedah, ilmu penyakit dalam, ilmu kesehatan anak, neurologi, radiologi, serta forensik dan medikolegal. Masih banyak lagi mata kuliah yang akan dihadapi saat berhasil meraih satu bangku di kegiatan studi Pendidikan Dokter ini. Untuk menjalankan sarjana Pendidikan Dokter masih mempelajari banyak sekali macam penyakit. Ketika akan menjadi seorang dokter seorang andal gres akan lebih fokus dan akan dilakukan saat mengambil sekolah tingkat yang lebih tinggi.
 
Program studi favorit Pendidikan Dokter tidak ada kata tidak melebihi daya tampung saat registrasi calon mahasiswa gres mulai dibuka. Padahal daya tampung yang disediakan hanya kecil yaitu, 36 bangku saja. Kenyataan yang terjadi pada tahun 2013 berdasarkan salah satu sumber media, menyebutkan bahwa bangku kegiatan studi Pendidikan Dokter kembali diperebutkan oleh 1979 calon mahasiswa gres dengan persaingan yang tidaklah mudah.
 
Prospek kerja kegiatan studi Pendidikan Dokter lulusan sarjana Pendidikan Dokter di UI ini maka sudah niscaya akan menjadi seorang dokter. Entah itu dokter umum atau seorang andal tergantung masing-masing orang. Bekerja di rumah sakit umum, klinik, puskesmas, atau membuka praktek sendiri pun akan sanggup dijalani.
 
2. Program Studi Kesehatan Masyarakat
 
Berlanjut pada kegiatan studi Kesehatan Masyarakat di kampus UI mengenai mata kuliah secara garis besar akan mempelajari beberapa aspek. Jelas bahwa pada tahun awal menjadi mahasiswa gres di UI akan diperkenalkan mata kuliah pengantar. Tahun pertama dan kedua lebih dibebankan pada mata kuliah dasar dan sedikit menuju kegiatan studi yang diambil. Lanjut pada tahun ketiga dan seterusnya banyak mata kuliah yang akan dipelajari. Secara garis besar antara lain biostatistik, epidemiologi, kesehatan lingkungan, keselamatan dan kesehatan kerja, manajemen pelayanan kesehatan, dan masih ada yang lain lagi.
 
Daya tampung kegiatan studi Kesehatan Masyarakat yang diperoleh dari media yang ada bergabung dengan kegiatan studi Ilmu Gizi. Total bangku hanya 40 buah bangku pada ujian tulis di tahun 2013 belum termasuk jalur undangan saja diperebutkan sebanyak 1434 calon mahasiswa baru. Persaingan pun benar-benar dirasakan oleh setiap peserta.
 
Prospek kerja kegiatan studi lulusan sarjana Kesehatan Masyarakat bekerja sebagai konsultan kesehatan pun sanggup dipilih. Jika ingin lebih banyak pilihan maka menjadi penggalan dalam departemen pemerintahan. Seperti departemen manajemen dan kebijakan kesehatan, departemen kesehatan dan keselamatan kerja, departemen gizi kesehatan masyarakat,bergabung dalam kelompok studi mutu kesehatan masyarakat pun juga sanggup dipilih.
 
3. Program Studi Ilmu Gizi
 
Sedangkan mata kuliah bagi mahasiswa kegiatan studi Ilmu Gizi juga hampir sama ibarat kegiatan studi Kesehatan Masyarakat. Program studi ini termasuk ke dalam Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat. Untuk tahun pertama dan kedua pun secara garis besar sama dengan kegiatan studi Kesehatan Masyarakat. Sedikit berbeda saat tahun ketiga lebih kepada duduk kasus manajemen asuransi kesehatan, manajemen warta kesehatan, dan manajemen rumah sakit. Dengan tidak lupa ini hanya sebagai citra secara garis besar. Selebihnya masih ada beberapa mata kuliah yang diajarkan di kampus UI ini.
 
Berbicara mengenai daya tampung, untuk kegiatan studi ilmu gizi. Untuk jumlah daya tampung kegiatan Ilmu Gizi bergabung dengan Kesehatan Masyarakat. Perebutan oleh 1434 calon mahasiswa gres yang berusaha memperebutkan 40 buah bangku pada ujian tulis.
 
Prospek kerja kegiatan studi lulusan sarjana Ilmu Gizi sama ibarat pada kegiatan studi Kesehatan Masyarakat. Namun lebih mengarah pada manajemen rumah sakit baik umum, klinik, maupun puskesmas. Menjadi seorang konsultan gizi pun menjadi pilihan lain seorang sarjanan Ilmu Gizi.
 
4. Program Studi Akuntansi
 
Menuju pada fakultas favorit bidang IPS di kampus UI, yaitu Akuntansi. Berdasarkan kurikulum yang diberikan di kampus UI, mata kuliah dalam kegiatan akuntansi pun beragam. Pada semester satu maka akan diperkenalkan pengantar akuntansi serta ilmu dasar yang lain. Masuk semeseter kedua maka masuk dalam ekonomi makro, sopan santun bisnis, aspek hokum dalam bisnis. Menuju semester tiga lebih spesifik mempelajari perpajakan, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, sistem warta akuntansi, dan masih banyak lagi yang lain. Praktikum pun mulai dilakukan saat masuk semester lanjut dengan menghapus pikiran bahwa praktikum hanya dilakukan oleh mahasiswa bidang IPA. Namun untuk Akuntansi UI, praktikum bidang IPS pun ada. Kemudian akan mengambil magang atau kerja praktek pun wajib dilakukan dan hingga pada tahap skripsi.
 
Program studi Akuntansi ini juga hanya 40 buah bangku saja yang ada namun diperebutkan oleh 1754. Walaupun itu untuk ujian tulis saja. Terlihat antusiasme calon mahasiswa gres yang begitu berkeinginan untuk meraih satu bangku saja di kampus UI. Belum saat diadakan ujian tulis tahap berikutnya tentu akan semakin banyak yang akan mendaftar.
 
Prospek kerja kegiatan studi lulusan sarjana Akuntansi banyak sekali kesempatan yang sanggup diambil. Antara lain bekerja di kantor akuntan publik sanggup dilakukan. Perbankan, BUMN, departemen keuangan, menjadi penggalan administrasi, bahkan bekerja di sektor perpajakan pun juga sanggup dipilih. Tugas seorang sarjana akuntan apalagi UI maka sanggup bekerja dalam departemen pemerintahan sebab lebih banyak terbuka peluang emas di dalam sana.

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis yang disarikan dari banyak sekali sumber sehingga anda harus mengecek kembali keakuratan data di atas. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Sumber Gambar :

No comments:

Post a Comment