Wednesday, September 4, 2019

Pintar Pelajaran Korelasi / Interaksi Antar Komponen Ekosistem Biotik Dan Abiotik

Di dalam ekosistem, komponen-komponen biotik dan abiotik saling berinteraksi dan masing-masing mempunyai fungsi atau peran tertentu. Hubungan tersebut sanggup berupa kekerabatan antar-komponen biotik (makhluk hidup) maupun kekerabatan semua komponen antara komponen biotik dan abiotik secara menyeluruh. Di dalam hubungan antar organisme terdapat anutan energi, yaitu transfer energi dari produsen ke konsumen melalui rantai makanan. Sedangkan hubungan komponen biotik dan komponen abiotik yaitu bab dari siklus kimia, yaitu siklus unsur-unsur kimia penyusun makhluk hidup dan makhluk tak hidup. Kedua proses tersebut, anutan energi dan siklus kimia, merupakan fenomena yang tidak sanggup dijelaskan pada tingkatan organisasi kehidupan di bawah ekosistem. Karenanya ekosistem merupakan tingkatan yang paling inklusif dalam organisasi kehidupan. (Baca juga : Ekosistem)



Anda kini sudah mengetahui  Interaksi Antar Komponen Ekosistem. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

No comments:

Post a Comment