Friday, September 13, 2019

Pintar Pelajaran Persamaan Dan Perbedaan Otak Kanan Dan Otak Kiri

Persamaan Dan Perbedaan Otak Kanan Dan Otak Kiri - Tubuh kita diciptakan secara Istimewa oleh Tuhan dengan segala kemampuannya sendiri-sendiri. Tuhan membuat insan dengan segala kelebihannya dibandingkan dengan makhluk lainnya. Manusia memiliki tingkat derajat yang jauh lebih tinggi dibandingkan makhluk ciptakan Tuhan lainnya. Walaupun begitu, insan harus tetap menghargai perbedaan. Ketika kita melihat badan kita, aneka macam organ penting yang ada di dalam diri kita. Salah satu bab yang sangat unik dan memiliki fungsi yang sangat penting bagi insan yaitu bab otak.

Otak insan sendiri memang bab yang sangat rumit dan merupakan sentra dari segala aktifitas yang dilakukan oleh manusia. Otak insan sendiri dibagi menjadi dua bagian. Anda tentu telah tahu bab dari otak kita bukan? Benar sekali, otak kita dibagi menjadi dua bab yaitu otak kanan dan otak kiri. Karena pembagiannya tersebut tentu saja fungsi otak tersebut berbeda satu dengan yang lainnya. Secar garis besar ada perbedaan yang sangat mencolok dari otak kanan dan otak kiri. Otak insan sering disamakan dengan sebuah komputer yang terdiri dari dua bagian. Kedua bab di otak memiliki kemahiran yang berbeda. Bagian otak kanan biasanya berfungsi untuk memproses permintaan  dengan cepat, menanggapi dengan cepat dan sempurna dan melewati ruang dimensi yang fizikal. Bagaimana dengan otak kiri? Otak kiri akan memproses sesuatu dalam bentuk verbal yang biasanya membutuhkan analisa yang jauh lebih kompleks. Otak kanan dan otak kiri memang memiliki beberapa perbedaan dalam fungsi namun kita masih bisa menemukan beberapa persamaan dari otak kanan dan otak kiri tersebut.

1. Persamaan Otak Kanan Dan Otak Kiri

Persamaan dari otak kanan dan otak kiri memang tidaklah sebanyak perbedaan antara otak kanan dan otak kiri.

1.1. Pengendali Aktifitas Manusia

Persamaan yang pertama yang terlihat tentu saja sama-sama berfungsi sebagai pengendali dari badan manusia. Walaupun nantinya kedua bab otak tersebut memiliki fungsi lainnya yang berbeda namun secara garis besar, kedua bab otak tersebut ikut menjadi sentra pengendali semua aktifitas dalam diri insan itu sendiri.

1.2. Fungsi Saling Mendukung Satu Sama Lainnya

Kedua bab otak tersebut tidak bisa berfungsi secara maksimal sebagian saja. Oleh lantaran itu kedua bab otak tersebut membutuhkan pinjaman satu bab dengan yang lainnya untuk memperlihatkan fungsi yang lebih maksimal.

1.3. Punya Dominansi yang Besar

Walaupun banyak orang menyampaikan bahwa otak kanan lebih cantik dan lebih mayoritas dibandingkan dengan otak kiri, bahwasanya semua bab memiliki fungsi dan dominasinya sendiri. Otak kanan yang sedang bekerja akan didukung dengan otak kiri yang cenderung lebih hening begitupula sebaliknya. Oleh lantaran itu kedua bab otak tersebut sama-sama cantik dan sangat penting bagi kehidupan manusia. Jika salah satu bab otak tidak berfungsi maka insan tidak akan bisa hidup dan beraktifitas dengan normal.

Setelah kita mengetahui apa saja persamaan antara otak kanan dan otak kiri, sekarang kita perlu tahu juga apa saja perbedaan antara otak kanan dan otak kiri. Kita akan melihat fungsi yang lebih detail dari kedua bab otak tersebut. Kedua bab otak tersebut memang memiliki beberapa perbedaan seperti:

2.1. Perbedaan dalam Fungsi

Otak kanan memiliki fungsi dalam hal kreatifitas, bentuk, emosi, musik, warna, persamaan dan lain sebagainya.
Otak kiri memiliki fungsi dalam hal perbedaan, urutan, bahasa, hitungan, logika, angka, dan lain sebagainya.

2.2. Perbedaan dalam Jangka Daya Ingat

Dalam hal jangka waktu untuk mengingat atau daya ingat, otak kanan dan otak kiri memiliki perbedaan. Otak kanan memiliki daya ingat jangka panjang sedangkan otak kiri memiliki daya ingat jangka pendek.

2.3. Akibat Kerusakan Otak

Bagaimana jikalau terjadi kerusakan pada kedua bab otak tersebut? Ternyata kerusakan bab otak tersebut akan memperlihatkan akhir yang berbeda juga. Apakah yang akan terjadi jikalau anda mengalami kerusakan dibagian otak kanan? Jika terjadi kerusakan di bab otak kanan maka anda akan mengalami kerusakan kemampuan visual dan emosi anda juga akan terganggu. Lalu bagaimana dengan otak kiri yang rusak? Jika anda mengalami kerusakan bab otak kiri maka anda akan mengalami gangguan dalam fungsi bicara, berhitung dan berbahasa.

Dalam hal kemampuan dari setiap otak, kita akan mendapat kemampuan yang berbeda juga. Orang yang memiliki otak kanan yang lebih tajam akan cenderung gampang mengenali wajah, mengekspresikan emosinya, menyayangi musik, gampang mengingat warna, bahagia menggambar, dan memiliki kreativitas yang sangat tinggi. Bagaimana dengan kemampuan otak kiri yang lebih menonjol? Orang dengan otak kiri yang lebih menonjol akan memiliki kemampuan bahasa yang lebih baik, gampang berhitung, memiliki kemampuan berfikir yang kritis, dan bisa berfikir dengan logika. Kita bisa membedakan antara anak atau orang yang lebih menonjol di bab otak kanan atau otak kirinya dari beberapa abjad berikut ini.

Orang dengan otak kanan yang menonjol akan cenderung lebih humoris, menyenangkan, lebih mempercayai intuisi, menentukan mencicipi semua hal dikala mencari solusi dari suatu masalah, suka bertualang, memiliki mimpi yang besar, bebas dan juga spontan.

Orang dengan otak kiri yang menonjol biasanya akan cenderung lebih serius, rumit, hemat, lebih percaya dengan fakta, cenderung membosankan, pendiam, gampang ditebak, konservatif dan lain sebagainya.

Dengan mengenali abjad dari insan tersebut kita akan lebih bisa mengasah fungsi dari bab otak kita dengan lebih baik.  Mengetahui abjad dari kemampuan otak sangat penting untuk mengetahui potensi. Hal ini sangat penting terutama untuk para pengajar atau trainer. Setelah mengetahui klarifikasi wacana persamaan dan perbedaan dari otak kanan dan otak kiri tersebut, kita semakin mengerti akan bab dan fungsi bab dari badan kita tersebut.

Otak kita berfungsi menjadi pengendali semua aktifitas dan otak kita dibagi menjadi dua bab penting yang memiliki fungsi yang sama-sama pentingnya. Kedua bab otak tersebut memang memiliki beberapa perbedaan dalam hal fungsi secara spesifik, akhir jikalau terjadi kerusakan di bab otak, dan juga jangka daya ingat yang sangat berbeda. Walaupun memiliki beberapa perbedaan yang sangat mencolok, kedua bab otak tersebut tidak bisa bangun sendiri atau berfungsi sendiri. Kedua bab otak saling mendukung satu dengan yang lainnya dan akan bisa berfungsi secara maksimal jikalau bisa saling mendukung. Ada banyak acara yang bisa dilakukan untuk lebih mengasah kemampuan otak kanan dan otak kiri. Semakin dini kita mengasah kemampuan otak kita maka talenta dan kemampuan kita atau ketertarikan kita akan jauh lebih jelas. Menjaga kesehatan otak sangatlah penting. Kita bisa menghindarkan kerusakan bab otak dengan makan makanan yang memiliki gizi baik dan melatih kemampuan otak kita secara teratur.

Penjelasan wacana otak kanan dan otak kiri diatas bisa membantu untuk lebih memahami diri kita dan mensyukuri apa yang telah diberikan Tuhan kepada manusia.

Semoga artikel mengenai Persamaan dan Perbedaan Otak Kanan Dan Otak Kiri menambah wawasan kita. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

No comments:

Post a Comment