Friday, September 13, 2019

Pintar Pelajaran Persamaan Dan Perbedaan Tumor Dan Kanker

Persamaan dan Perbedaan Tumor dan Kanker - Terkadang banyak diantara kita tidak sanggup membedakan antara tumor dengan kanker. Ada pula yang menganggap bahwa tumor tidak terlalu berbahaya dibandingkan kanker, sehingga tidak dianggap tidak perlu diberikan perhatian khusus atau bahkan ada yang menganggap sebaliknya? Oleh lantaran itu, pengetahuan mengenai tumor dan kanker sangat diperlukan bagi masyarakat. Terlebih lagi angka penderita tumor dan kanker masih tinggi di Indonesia.

Tubuh insan mempunyai sejumlah sel yang mempunyai fungsi berbeda-beda. Normalnya, sel-sel tersebut akan bertambah tua, mati, kemudian digantikan oleh sel yang baru, begitu seterusnya. Namun, jikalau pertumbuhan sel tidak normal atau tidak sesuai dengan bentuk dan fungsi tiap organ, maka hal tersebut sanggup dikatakan sebagai tumor. Tumor merupakan suatu kondisi dimana terbentuknya neoplasma atau benjolan yang disebabkan oleh pertumbuhan sel yang aneh atau tidak wajar. Tumor sendiri berasal dari kata tumere dalam bahasa Latin yang berarti bengkak. Benjolan pada tumor akan tumbuh membesar dan harus diangkat untuk penanganannya. Biasanya tumor akan hilang sesudah disingkirkan melalui operasi. Namun, menurut pertumbuhannya, Tumor sendiri digolongkan menjadi tumor ganas dan tumor jinak. Tumor yang perkembangannya pesat dan menyebar biasanya bersifat ganas, dan pada masalah ini tumor ganas bisa disebut dengan kanker. Selain itu, tumor jinak yang dibiarkan begitu saja tanpa dilakukan pengangkatan juga mempunyai potensi untuk bermetamorfosis ganas alasannya yakni sanggup menekan sel-sel di sekitar organ badan tersebut.

Lebih lanjut mengenai kanker, penyakit ini merupakan suatu kejadian pembelahan sel yang tidak terkontrol dan sel-sel tersebut menyerang jaringan biologis lainnya dalam tubuh. Sel kanker mempunyai kemampuan untuk invasi (pertumbuhan eksklusif di jaringan sebelahnya), maupun metastasis atau perpindahan sel ke daerah yang lebih jauh. Sama halnya dengan tumor, kanker merupakan penyakit yang tidak bisa diabaikan begitu saja, alasannya yakni sanggup membahayakan keselamatan nyawa. Namun, kebanyakan kanker lebih sulit diobati dibandingkan dengan tumor. Risiko kematian yang dimiliki kanker juga lebih tinggi. Oleh lantaran itu, keberadaan kanker harus dengan sangat cepat disadari biar segera menerima perawatan semenjak dini, mengingat penyebaran sel kanker yang tidak terkendali. Untuk mengenal tumor dan kanker lebih jauh, berikut ini yakni persamaan antara tumor dan kanker:

1. Persamaan Tumor dan Kanker

1. Asal Muasal

Baik tumor maupun kanker, keduanya berasal dari sel yang mengalami perubahan struktur genetika atau biasa disebut dengan mutasi.

2. Ciri Fisik

Bukan hanya tumor, kanker juga sanggup menyebabkan pembengkakan pada jaringan tubuh. Memang tidak disemua kasus, misalnya pada kanker darah dimana tidak terjadi pembengkakan. Namun, keduanya bersifat merusak.

3. Identifikasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa perlu adanya investigasi mengenai hal ini. Oleh lantaran itu, untuk mengidentifikasi perkembangan sel tumor ataupun kanker sanggup dilakukan melalui metode biopsi.

4. Pemicu

Pemicu Tumor dan kanker tidak jauh berbeda. Tumbuhnya tumor ini terjadi saat produksi normal sel-sel di jaringan tertentu berhenti, kemudian sel normal tidak sanggup lagi berfungsi dengan sebagaimana mestinya, akibatnya terjadilah apoptosis (kondisi dimana saat sel-sel tertentu tidak mati sesuai dengan waktunya lantaran perhentian pesan yang dikirimkan oleh gen p53). Namun dari faktor eksternal, terjadinya tumor sanggup di picu oleh gaya hidup ibarat mengkonsumsi alkohol dan merokok. Selain itu obesitas, faktor genetis, faktor lingkungan, radiasi, dan zat-zat kimia juga sanggup menjadi pemicunya.

Sementara itu, kanker di sebabkan oleh hilang atau rusaknya kromosom anti onkogen yang sanggup mengendalikan pertumbuhan. Kemudian pada usia yang lebih tua, biasanya pertumbuhan neoplasma sering terjadi lantaran tidak ada kendali yang efektif, kemudian terjadinya perubahan DNA ibarat mutasi atau kerusakan sel DNA. Sama ibarat tumor, hal ini juga bisa dipacu dari dampak eksternal yaitu pola hidup yang tidak sehat ibarat terlalu sering mengkonsumsi junk food, kurang olahraga, radiasi, dan merokok.

5. Sasaran

Tumor dan Kanker sanggup tumbuh dan berkembang di jaringan badan mana saja dan sanggup menyerang semua golongan usia serta jenis kelamin.

2. Perbedaan Perbedaan Tumor dan Kanker

Tumor dan kanker merupakan dua hal yang kadang sulit untuk dibedakan. Oleh lantaran itu, sesudah mengetahui persamaan antara tumor dengan kanker, berikut yakni perbedaannya:

1. Pertumbuhan Sel

Perbedaan antara Tumor dan Kanker terdapat pada pertumbuhan selnya. Tumor sanggup dilihat dari benjolan dalam badan yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal. Pada tumor, pertumbuhan sel tidak menyebar. Sementara itu, pertumbuhan sel pada kanker tidak terkendali dan menyebar dalam tubuh. Sel kanker sanggup berekspansi dengan sangat cepat ke jaringan-jaringan sekitarnya, alasannya yakni sel kanker sanggup membelah diri dengan cepat dan tidak terkontrol. Sel kanker mempunyai sifat destruktif sehingga sanggup merusak organ lain dalam badan dan salah satu penyebarannya yakni melalui anutan darah. Oleh lantaran itu, kanker harus ditangani secepatnya sebelum menyebar dan merusak jaringan yang lain. Semakin luas penyebarannya, maka kemungkinan kanker sanggup disembuhkan semakin kecil.

2. Level Tumor

Tidak semua tumor bersifat kanker, dan sebaliknya tidak semua masalah kanker ditandai dengan pertumbuhan tumor. Ada tumor jinak dimana pertumbuhan terbatas pada serpihan badan tertentu. Di beberapa kasus, ada kemungkinan tumor bermetamorfosis kanker jikalau sifatnya ganas. Hal ini membuktikan bahwa pertumbuhan primer sanggup menghasilkan beberapa pertumbuhan sekunder sehingga menyerang pada serpihan vital badan dan menyebar dimana-mana. Oleh lantaran itu diperlukan adanya biopsi biar sanggup dilihat apakah pertumbuhan sel tumor ganas atau jinak. Sebab kanker pada sifatnya, selain menyebar pertumbuhannya juga tidak terkendali. Biopsi sendiri yakni pengambilan pola jaringan dari badan dan dilakukan investigasi dari jaringan yang diambil.

3. Penanganan

Pengobatan terhadap tumor dan kanker berbeda. Hal ini disebabkan lantaran tidak semua tumor mengancam nyawa si penderita. Terutama pada tumor jinak, dokter bisa menyembuhkan melalui  pengangkatan sel tumor. Operasi tumor jinak pada umumnya relatif mudah, namun tetap tergantung pada lokasi dan ukuran tumor. Sementara pada kanker, langkah medis yang biasanya diambil yakni operasi, kemoterapi, dan radioterapi. Tumor juga lebih gampang ditangani. Biasanya, tumor yang telah diangkat melalui operasi akan hilang, sementara kanker meskipun sudah di operasi, namun potensi penyebarannya masih besar. Hal ini disebabkan oleh sel kanker yang sulit mati. Bahkan dalam proses pengobatannya pun sanggup mengancam nyawa si penderita. Namun, bekerjsama kanker dan tumor sendiri mempunyai banyak jenis yang berbeda-beda dan membutuhkan penanganan yang tekadang berbeda pula.

4. Jenis kontrol

Sel kanker menyusup ke dalam badan insan dalam jumlah yang tidak terang dan akan terus menyebar ke dalam sel-sel normal dengan bebas kemudian merusaknya. Seperti sesudah menyerang darah, sel kanker bisa menyebar dan masuk ke paru-paru, kemudian ke lever, dan seterusnya kemudian tumbuh. Berbeda dengan tumor yang tidak bisa sembarangan tumbuh. Tumor jinak tidak sanggup seenaknya berpindah-pindah alasannya yakni ia tidak sanggup hidup di luar jaringannya.

5. Morfologi klinis

Tumor jinak tidak melaksanakan metastasis, pertumbuhannya lambat, serupa dengan jaringan asalnya, pertumbuhannya bersifat ekspansif namun tidak menguasai jaringan di sekitarnya. Sementara itu, kanker terdiri dari sel-sel yang tidak lagi serupa dengan sel normal jaringan asalnya. Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya bahwa sel-sel pada kanker ini juga cenderung menginvasi jaringan sekitar dan melaksanakan metastasis. Nah, ciri-cirinya berbeda dengan tumor. Peningkatan ukuran pada kanker terjadi lebih cepat di bandingkan tumor.

Semoga artikel mengenai Persamaan dan Perbedaan Tumor dan Kanker menambah wawasan kita. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

No comments:

Post a Comment