Friday, September 13, 2019

Pintar Pelajaran Aktivitas Studi, Jurusan, Fakultas Favorit Di Its

Program Studi, Jurusan, Fakultas Favorit Di ITS - Institut Teknologi Sepuluh November atau sering disingkat ITS yaitu salah satu akademi tinggi negeri yang ada di Provinsi Jawa Timur. Perguruan tinggi negeri ini menjadi salah satu akademi tinggi favorit dan terbaik di Indonesia. Terdaapat 4 jenjang pendidikan di ITS, yaitu jenjang pendidikan Diploma 3 (D3), Diploma 4 (D4), Sarjana (S1), dan pascasarjana (S2 dan S3). Para mahasiswa gres ITS didapatkan dari beberapa jalur tes menyerupai SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi) dan jalur PKM (Program Kemitraan dan Mandiri). Jalur SBMPTN ini merupakan seleksi ujian masuk akademi tinggi negeri di seluruh Indonesia yang diselenggarakan selerentak di seluruh akademi tinggi negeri yang ada di Indonesia. Jika dulu kuota mahasiswa gres yang masuk ke akademi tinggi negeri di Indonesia melalui jalur SBMPTN ini jauh lebih besar bila dibandingkan dengan jalur-jalur tes masuk akademi tinggi negeri lainnya, kini ini kebalikannya. Kuota yang disediakan oleh pemerintah untuk masuk akademi tinggi negeri melalui jalur SBMPTN ini jauh lebih sedikit sebab sisa quota jauh lebih banyak didapatkan dari seleksi sanggup berdiri diatas kaki sendiri dari masing-masing akademi tinggi negeri.
 Institut Teknologi Sepuluh November atau sering disingkat ITS yaitu salah satu akademi Pintar Pelajaran Program Studi, Jurusan, Fakultas Favorit Di ITS
Gedung Rektorat ITS. [1]
ITS sendiri pada tahun 2011 menduduki peringkat ke-64 akademi tinggi negeri terbaik di dunia dari Webometrics. Peringkat ini didapatkan dari prestasi dan akad ITS dalam mengabdikan banyak sekali penelitiannya untuk masyarakat luas. Sedangkan menurut University Web Ranking, ITS berada di posisi sebagai universitas terbaik di dunia versi 4icu di tahun 2012 lalu. Lokasinya sendiri berada di Daerah Sukolilo, Surabaya. Di atas tanah seluas 180 hektar, ITS menjadi daerah belaja bagi para mahasiswa dengan banyak sekali jurusan teknik, terkecuali jurusan Teknik Sipil yang letaknya terpisah dari bangunan kampus utama. Khusus untuk jurusan Teknik Sipil, para mahasiswanya harus mengikuti aktivitas studinya di Kampus Manyar. Demikian juga untuk mahasiswa jadwal magister yang kampusnya terpisah dari kampus utama di mana kampus programm magister berada di kampus Cokroaminoto.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jadwal studi atau jurusan yang ditawarkan di ITS ini hanya khusus untuk keilmuwan di bidang teknik. Terdapat banyak prodi/ jurusan teknik yang sanggup menjadi pilihan Anda para calon mahasiswa, antara lain teknik Informatika, teknik kimia, teknik sipil, teknik infustri, statistika, teknik perkapalan, teknik mesin, dan masih banyak lagi jurusan/ prodi teknik lainnya. Tiap prodi/ jurusan  teknik di atas tersedia untuk 3 jenis jenjang studi, mulai dari D3 sampai doctoral (S3). Dan masing-maisng prodi/ jurusan di atas berada di bawah naungan beberapa fakultas di ITS. Terdapat 5 fakultas di ITS, yaitu Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA), Fakultas Teknologi Industri (FTI), Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), Fakultas Teknik Kelautan (FTK), dan Fakultas Teknologi Informasi (FTIF).

Di antara sekian banyak prodi atau jurusan yang tersedia di ITS, terdapat tiga prodi/ jurusan yang dinila paling difavoritkan oleh sebagian besar calon mahasiswa. Ketiga jurusan tersebut yaitu teknik industry, teknik informatika, dan teknik teknik kimia. Ketiga jurusan ini mendapatkan antusiasme terbanyak dari para calon mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya jumlah para calon mahasiswa yang menjatuhkan pilihannya pada salah satu dari ketiga jurusan di atas.

1. Jurusan Teknik Industri

Jurusan Teknik Industri ITS yaitu salah satu jurusan terfavorit dan terbaik di ITS. Jurusan yang satu ini telah berhasil membuatkan banyak sekali jenis jadwal pendidikannya. Selain menjadi salah satu yang difavoritkan, jurusan Teknik Industri ITS juga telah usang menyandang pengukuhan jurusan A dari tahun 1999 sampai sekarang. Hal ini mengambarkan bahwa sebagian besar lulusan jurusan ini yaitu lulusan yang berkualitas dan berprestasi. Sekitar 1000 alumni jurusan ini kini telah bekerja di banyak sekali bidang industry baik nasional maupun internasional. Jumlah mahasiswa gres yang masuk dan diterima di jurusan Teknik Industri ITS ini ada sekitar 200 orang tiap tahunnya. Berkat didukungnya staff pengajar yang berkualitas serta kemudahan berguru yang sangat memadai menjadi latar belakang baiknya lulusana jurusan Teknik Industri ITS ini. Teknik Industri ITS sendiri dinobatkan sebagai salah satu jurusan teknik industry terbaik di Indonesia. Para mahasiswanya akan mendapatkan banyak sekali materi di bidang keahlian menyerupai sistem manufaktur, ergonomik, optimasi, sustainable manufacture, data mining, simulasi, suplly chain, logistic, pengukuran kerja, dan manajemen kualitas. Dengan materi pembelajaran yang sangat lengkap ini, tak heran bila jurusan Teknik Industri ITS menjadi barometer nomor satu di Indonesia. Di jurusan ini, tersedia tiga jadwal sarjana, yaitu S1, S2, dan S3. Ketiga jadwal sarjana ini juga terdapat kelas internasional di mana para mahasiswanya akan mendapatkan materi pembelajaran dengan bahasa pengantar bahasa internasional, yaitu Bahasa Inggris.

2. Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika yang berada di bawah naungan Fakultas Teknologi Informasi merupakan jurusan yang memfokuskan pengajarannya di sektor hardware dan software. Para mahasiswa gres pertama kali akan diajarkan tahap persiapan di mana mereka akan diperkenalkan dengan materi konsep-konsep dasar komputer yang ada kaitannya dengan masyarakat. Selain itu, para mahasiswa juga akan mendapatkan ilmu gres berupa pemograman terstruktur. Sedang ilmu matematika dan fisika akan tetap diberikan pada tahap ini sebab kedua jenis ilmu ini menjadi basic ilmu teknologi komputer. Para mahasiswa jadwal sarjana akan disediakan beberapa pilihan bidang keahlian. Para mahasiswa dibebaskan untuk menentukan bidang keahlian yang sesuai dengan minat mereka. Bidang keahlian pilihan mahasiswa ini kemudian akan dikembangkan melalui kiprah final mereka. Selain itu, para mahasiswa jurusan ini juga akan mendapatkan kesempatan kerja praktik selama dua bulan sekali. Umumnya kerja praktik ini akan dilakukan di forum atau perusahaan pilihan mahasiswa. Para alumni jurusan Teknik Informatika ITS ini kini sudah banyak tersebar di banyak sekali perusahaan baik perusahaan lokal maupun internasional. Programmer yaitu hanya salah satu profesi yang tersemat di sebagian besar para alumni Teknik Informatika ITS ini.

3. Jurusan Teknik Kimia

Jurusan Teknik Kimia ITS yaitu jurusan perkuliahan yang memfokuskan ilmu teknik yang menekankan pada pengembangan dan penggunaan bahan-bahan yang sebelumnya sudah mengalami beberapa proses pembuatan dan telah mengalami perubahan secara fisik dan kimiawi. Jurusan Teknik Kimia ITS ini termsuk salah satu jurusan yang ramai peminat. Berdasarkan data pendaftar SBMPTN tahun 2014 ini saja, jumlah pendaftar sementara untuk jurusan Teknik Kimia ITS sudah mencapai 1044 orang, sedang total kuota yang tersedia hanya 48 orang saja. Angka jumlah pendaftar sanggup saja akan terus bertambah sampai menjelang penyelenggaraan SBMPTN. Ini mengambarkan bahwa jurusan ini masih menjadi favorit bagi kalangan calon mahasiswa. Salah satu faktor membludaknya peminat jurusan ini yaitu kesempatan karir yang terbuka lebar bagi para lulusan/alumini jurusan ini. Tak sedikit lulusan jurusan Teknik Kimia ITS yang sukses dan menjadi pentolan di perusahaan-perusahaan lokal dan internasional. 

Sumber Gambar :


Artikel ini merupakan pandangan langsung penulis yang disarikan dari banyak sekali sumber sehingga anda harus mengecek kembali keakuratan data di atas. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

No comments:

Post a Comment