Friday, September 13, 2019

Pintar Pelajaran Kegiatan Studi, Jurusan, Fakultas Favorit Di Uny

Program Studi, Jurusan, Fakultas Favorit Di UNY - Ketika mendengar nama sekolah tinggi tinggi negri satu ini, masih terlekat erat dalam benak beberapa orang akan citra sekolah untuk para calon guru. Terletak di propinsi Daerah spesial Yogyakarta yang dahulu dikenal dengan nama IKIP alasannya ialah memang fokus untuk menghasilkan para sarjanan calon guru, sekarang telah usang berubah nama menjadi Universitas Negri Yogyakarta atau disingkat UNY. Kampus UNY tersebar di beberapa titik dan ada yang berdekatan dengan kampus UGM. Lokasi kampus UNY terletak di kawasan erat Jalan Affandi dan juga jalan Notonagoro walaupun memang harus masuk ke gang atau jalan perkampungan Yogyakarta. Perguruan tinggi negri ini masuk dalam peringkat ke dua puluh satu sebagai kampus terbaik se-Indonesia. Kampus UNY mempunyai dua pilihan kegiatan yaitu, pendidikan maupun nonpendidikan. Walaupun rekor tersebut terbilang masih jauh namun prestasi yang diraih oleh kampus UNY pun tercatat cukup banyak.
 Ketika mendengar nama sekolah tinggi tinggi negri satu ini Pintar Pelajaran Program Studi, Jurusan, Fakultas Favorit Di UNY
Gedung Rektorat UNY. [1]
Pada tahun 2013 lalu, tidak sedikit prestasi yang berhasil diborong oleh UNY. Mulai dari juara dua line follower dalam ajang Kontes Robot Nasional Technocorner. Diikuti juara satu tingkat nasional dalam rangka lomba debat mahasiswa. Kemudian mahasiswa UNY pun berhasil membawa nama harum kampus tercinta dan nama harum Indonesia raya hingga ke kancah Internasional. UNY berhasil menjadi juara di Korea Selatan dalam ajang Student Green Car Competition. Kembali meraih juara pertama dalam ITB Technopreneurship Challenge. Tidak cukup hanya itu, juara pertama lain yang pernah diraih oleh UNY di ajang Senior Putri kelas 45 kg The 5th Ganesha Cup Open Judo Championship. Juara pertama dalam ajang World Costume Festival di Vigan City, Filipina.

Pencapaian prestasi-prestasi kampus UNY tidak luput dari tugas mahasiswa yang berprestasi dan pendampingan para dosen. Dengan segala prestasi ini menciptakan nama kampus UNY banyak diminati oleh calon mahasiswa baru. Apalagi fakultas maupun kegiatan studi favorit kampus UNY semakin banyak peminat. Terlihat ada beberapa kegiatan studi di kampus UNY yang memang favorit dan selalu tidak pernahs epi dari peminat. Seperti yang terlihat di bawah ini:

1. Program Studi Program Guru Sekolah Dasar

Termasuk dalam Fakultas Ilmu Pendidikan, kegiatan studi ini biasa dikenal dengan nama abreviasi yaitu, PGSD. Termasuk kegiatan studi yang sangat menarik alasannya ialah ibarat berguru kembali di sekolah dasar. Hal tersebut terlihat ibarat dalam mata kuliah yang dipelajari oleh para mahasiswa PGSD. Mahasiswa kegiatan studi ini akan mempelajari pelajaran ketika mereka di masa sekolah dasar. Tidak heran jikalau kegiatan studi PGSD menjadi salah satu kegiatan studi favorit. Mata kuliah ibarat pelajaran dasar matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, IPA, IPS, Pendidikan Kewarganegaraan akan dipelajari di PGSD UNY. Begitu juga pelajaran mengenai layanan bimbingan konseling, pendidikan nilai kebijaksanaan pekerti, pendidikan anak berkebutuhan khusus, pendidikan multikultural, dan masih banyak lagi yang lain.

Program studi PGSD ini mempunyai daya tampung hanya berjumlah 200 bangku di tahun 2013. Namun terlihat banyak calon mahasiswa gres yang mendaftar sejumlah 1552 orang. Angka ini cukup fantastis dan tentu persaingan ketat akan dilakukan oleh setiap calon mahasiswa gres yang mendaftar kegiatan studi favorit ini.

Prospek kerja lulusan sarjana kegiatan studi PGSD terbentang luas dari Sabang hingga Merauke. Sebab setiap sarjana PGSD tentu sanggup bekerja di dunia pendidikan SD (SD). Tenaga pendidik ketika ini masih sangat kurang dan tentu terbuka peluang emas untuk mengambil posisi kosong tersebut. Jika ingin melatih diri sebelum benar-benar terjun menjadi guru SD, sanggup memulai dengan menjadi seorang guru bimbingan berguru ataupun privat.

2. Program Studi Manajemen Pendidikan

Fakultas Ilmu Pendidikan memang menjadi fakultas favorit UNY. Fakultas ini mempunyai kegiatan studi lain yang menajdi favorit, yaitu Manajemen Pendidikan. Dalam kegiatan studi ini, mahasiswa akan mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan analisis hal-hal manajemen. Seperti analisis laporan keuangan, bank dan forum keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi biaya, matematika ekonomi, pengantar ekonomi mikro, pengantar ekonomi makro, perekonomian Indonesia, dan masih banyak lagi yang lain. selalu di awali untuk tingkat awal mata kuliah dasar dan pengantar. Dan di selesai pada tingkat selesai mata kuliah skripsi.

Berbicara mengenai kapasitas penerimaan atau daya tampung kegiatan studi administrasi pendidikan terbilang lebih sedikit dibanding kegiatan studi PGSD. Hanya menyediakan 80 buah bangku saja tahun 2013. Namun harus direbut oleh 735 calon mahasiswa gres baik itu ujian tulis maupun seleksi mandiri. Terlihat bahwa kegiatan studi administrasi pendidikan memang favorit di mata aneka macam kalangan calon mahasiswa baru.

Peluang kerja lulusan sarjana kegiatan studi Manajemen Pendidikan lebih banyak menagrah pada instansi pemerintahan. Kebutuhan andal administrasi semakin banyak mengingat semakin banyak perushaaan yang berdiri. Sarjana Manajemen Pendidikan sanggup bekerja di bidang pemasaran, keuangan, perbankan, pendidikan, atau manajer. Bahkan menjadi seorang wirausaha muda pun sanggup alasannya ialah tentu akans anagt paham mengelola sistem perjuangan sendiri.

3. Program Studi Akuntansi

Fakultas favorit di UNY lagi-lagi mengarah pada bidang IPS. Seperti Fakultas Ekonomi yang juga mengambil bagain sebagai salah satu fakultas favorit di UNY. Dengan kegiatan studi favorit yaitu, Akuntansi. Mahasiswa yang mengambil kegiatan studi ini tentu akan berkutat pada analisis dan hitung-menghitung. Namun tentu ketika memasuki tingkat awal maka akan lebih mengarah pada mata kuliah dasar dan agama terlebih dahulu. Baru bernajak menuju tingkat selanjutnya yang lebih mengarah pada kegiatan studi akuntansi itu sendiri. Mata kuliah yang akan dipelajari mencakup akuntansi pengantar, administrasi pengantar, bisnis pengantar, adat bisnis, aturan bisnis, perpajakan, komunikasi interpersonal, penganggaran, metode penelitian akuntansi, dan masih banyak lagi mata kuliah yang dipelajari dalam kegiatan studi ini.

Sangat luar biasa ketika melihat daya tampung kegiatan studi Akuntansi UNY hanya 80 buah bangku pada tahun 2013. Dengan mendapatkan calon mahasiswa gres sebanyak 722 orang. Siapa yang tidak menyebutnya sebagai salah satu kegiatan studi favorit jikalau peminatnya saja hingga benar-benar berkali-kali lipat dari bangku yang disediakan.

Prospek kerja lulusan sarjana kegiatan studi Akuntansi mempunyai banyak pilihan. Antara lain sanggup bekerja di Departemen Keuangan, perbankan, KPK, BUMN, BUMD, PMDN, Direktorat Jenderal Pajak, atau di forum swasta. Sebagai konsultan bisnis pun juga sanggup dilakukan oleh seorang sarjana kegiatan studi Akuntansi.

4. Program Studi Pendidikan Jasmani Keolahragaan dan Rekreasi

Perguruan tinggi negri UNY juga populer dengan fakultas favorit di bidang olahraga yaitu, Fakultas Ilmu Keolahragaan. Dengan kegiatan studi paling favorit Pendidikan Jasmani Keolahragaan dan Rekreasi (PJKR). Setiap mahasiswa yang mengambil kegiatan studi ini tentu juga harus berguru mengenai teori. Pemahaman mengenai hakekat pendidikan jasmani, olahraga prestasi, identifikasi sarana dan prasarana penjas, dan masih banyak lagi yang akan dipelajari termasuk secara fisik semoga lebih berpengaruh dan benar dalam melaksanakan olahraga tertentu.

Menuju daya tampung kegiatan studi favorit ini terlihat memang cukup besar 200 kursi. Daya tampung yang semakin besar tentu akan menciptakan peminat semakin banyak yang mendaftar. Dan memang terlihat jumlah peminat kegiatan studi PJKR 678 orang.

Prospek kerja lulusan sarjana kegiatan studi Pendidikan Jasamani Keolahragaan dan Rekreasi ini sangat menarik. Selain sanggup menjadi guru pelatih olahraga di aneka macam sekolah baik TK, SD, SMP, SMA, bahkan SMK. Selain itu juga sanggup menjadi pelatih di sebuah klub olahraga tertentu ibarat klub sepak bola, klub basket, klub badminton, klub tenis, klub pingpong, dan lainnya. Menjadi seorang pelatih senam pun juga sanggup dilakukan oleh sarjana PJKR ini.

Sumber Gambar :


Artikel ini merupakan pandangan langsung penulis yang disarikan dari aneka macam sumber sehingga anda harus mengecek kembali keakuratan data di atas. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

No comments:

Post a Comment