Wednesday, September 18, 2019

Pintar Pelajaran Cara Mengatasi Pengangguran Struktural, Konjungtural (Siklikal), Friksional, Musiman

Cara Mengatasi Pengangguran Struktural, Konjungtural (Siklikal), Friksional, Musiman - Pengangguran ada beberapa macam, yaitu pengangguran struktural, pengangguran konjungtural (siklikal), pengangguran friksional, dan pengangguran musiman.

Berikut ini akan diuraikan cara-cara mengatasi banyak sekali macam pengangguran.

1. Cara Mengatasi Pengangguran Struktural

Pengangguran struktural terjadi alasannya yaitu perubahan struktur ekonomi, contohnya dari agraris ke industri. Untuk mengatasi pengangguran struktural bisa dilakukan cara-cara berikut:

a. Memindahkan para pengangguran ke daerah yang lebih membutuhkan.
b. Membuka pendidikan dan training bagi para pengangguran biar sanggup mengisi lowongan pekerjaan yang sedang membutuhkan.
c. Mendirikan industri dan proyek-proyek padat karya untuk menampung para penganggur.
d. Meningkatkan mobilitas (perputaran) modal dan tenaga kerja biar bisa menyerap para penganggur.
e. Menyadarkan masyarakat akan pentingnya menguasai teknologi modern dalam rangka beradaptasi dengan perubahan struktur perekonomian.

2. Cara Mengatasi Pengangguran Konjungtural (Siklikal)

Pengangguran konjungtural terjadi alasannya yaitu naik turunnya acara perekonomian yang suatu ketika menjadikan turunnya daya beli masyarakat yang diikuti oleh turunnya seruan terhadap barang dan jasa. Untuk mengatasi pengangguran konjungtural, bisa dilakukan cara-cara berikut:

a. Meningkatkan daya beli masyarakat dengan membuka banyak sekali proyek-proyek pemerintah.
b. Mengarahkan masyarakat biar memakai pendapatannya untuk membeli barang dan jasa sehingga seruan terhadap barang dan jasa meningkat.
c. Menciptakan teknik-teknik pemasaran dan promosi yang menarik biar masyarakat tertarik membeli barang dan jasa.

3. Cara Mengatasi Pengangguran Friksional

Pengangguran friksional terjadi alasannya yaitu adanya pekerja yang ingin pindah mencari pekerjaan yang lebih baik dan cocok di perusahaan lain. Untuk mengatasi pengangguran ini bisa dilakukan dengan cara menyediakan sarana info lowongan kerja yang cepat, gampang dan murah kepada pencari kerja. Misalnya, dengan menempelkan iklan-iklan lowongan kerja di tempat-tempat umum secara rutin.

4. Cara Mengatasi Pengangguran Musiman

Pengangguran musiman terjadi alasannya yaitu perubahan ekspresi dominan atau alasannya yaitu perubahan seruan tenaga kerja secara berkala. Cara yang dilakukan, untuk mengatasi pengangguran musiman, antara lain:

a. Memberikan latihan keterampilan yang lain ibarat menjahit, mengelas, menyablon dan membordir. Dengan demikian, mereka sanggup bekerja sambil menunggu datangnya ekspresi dominan tertentu.
b. Segera memperlihatkan info jika ada lowongan kerja di sektor lain.

Anda kini sudah mengetahui Cara Mengatasi Pengangguran. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sa’diyah, C. dan D. A. Purnomo. 2009. Ekonomi 2 : Untuk Kelas XI Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. p. 351.

No comments:

Post a Comment