Wednesday, September 18, 2019

Pintar Pelajaran Manfaat, Tugas Dan Fungsi Pasar Modal, Ekonomi

Manfaat, Peran dan Fungsi Pasar Modal, Ekonomi - Pasar modal menawarkan tugas besar bagi perekonomian suatu negara alasannya yakni menawarkan dua fungsi sekaligus yaitu, fungsi ekonomi dan fungsi keuangan. Pasar modal dikatakan mempunyai fungsi ekonomi alasannya yakni pasar modal menyediakan kemudahan atau wahana yang mempertemukan dua kepentingan yaitu pihak yang mempunyai kelebihan dana (investor) dan pihak yang memerlukan dana (issuer). Dengan adanya pasar modal maka perusahaan publik sanggup memperoleh dana dari masyarakat melalui penjualan imbas saham dengan mekanisme IPO atau imbas utang (obligasi).

Pasar modal dikatakan mempunyai fungsi keuangan, alasannya yakni pasar modal menawarkan kemungkinan dan kesempatan memperoleh imbalan (return) bagi pemilik dana, sesuai dengan karakteristik investasi yang dipilih. Kaprikornus dibutuhkan dengan adanya pasar modal acara perekonomian menjadi meningkat alasannya yakni pasar modal merupakan alternatif pendanaan bagi perusahaan-perusahaan untuk sanggup meningkatkan pendapatan perusahaan dan pada hasilnya menawarkan kemakmuran bagi masyarakat yang lebih luas.

Pasar modal bertujuan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan, pertumbuhan, dan stabilitas ekonomi nasional ke arah peningkatan kesejahteraan. Pasar modal yakni kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan imbas yang diterbitkannya, serta forum dan profesi yang berkaitan dengan efek. 

Fungsi pasar modal dan pasar uang pada hakikatnya yakni sama, yaitu untuk meningkatkan alokasi sumber daya keuangan yang dibutuhkan akan menaikkan investasi dan pertumbuhan ekonomi. Secara singkat fungsi pasar modal yakni sebagai sarana untuk memperoleh modal jangka panjang bagi unit-unit yang terlibat dalam proses produksi dan untuk penanaman dana jangka panjang bagi unit-unit yang mempunyai kelebihan dana. Fungsi pasar modal secara spesifik yakni sebagai berikut. [1]

a. Sebagai Sumber Penghimpun Dana

Seperti halnya perbankan, perkembangan pasar modal sangat mempengaruhi besarnya dana masyarakat yang dihimpun dalam sebuah perekonomian. Jika pasar modalnya maju, dana masyarakat yang sanggup dihimpun akan sangat besar.

b. Sebagai Alternatif Investasi bagi Pemilik Modal

Dalam pasar modal investor sanggup memindahkan asetnya dari satu perusahaan ke perusahaan lain untuk memperoleh laba yang lebih besar.

c. Sebagai Pendorong Perkembangan Investasi

Dengan adanya pasar modal, pemerintah akan terbantu dalam memobilisasi dana masyarakat. Para investor akan terus menambah jumlah investasinya di pasar modal alasannya yakni perusahaan yang mendapatkan dana dari pemilik modal akan meningkatkan usahanya, baik melalui pembelian mesin gres maupun perembesan tenaga kerja. Karena fungsinya yang strategis, maka peranan pasar modal sangat penting. Bagi negara-negara maju, pasar modal merupakan sarana yang sanggup dimanfaatkan untuk pelaksanaan kebijakan moneter. Namun, di negara maju maupun di negara sedang ber kembang, pasar modal berperan juga sebagai biro pembangunan, yaitu sebagai alat memobilisasi dana, baik yang ada dalam perekonomian domestik maupun yang berasal dari luar negeri.

Pasar modal mempunyai tugas yang strategis dalam pembangunan nasional, yaitu:
  1. sebagai salah satu sumber pembiayaan bagi dunia perjuangan termasuk perjuangan menengah dan kecil untuk pembangunan usahanya; dan
  2. wahana investasi bagi masyarakat, termasuk pemodal kecil dan menengah.
Secara umum, manfaat dari keberadaan pasar modal yakni sebagai berikut.
  1. Menyediakan sumber pembiayaan jangka panjang bagi dunia perjuangan sekaligus memungkinkan alokasi dana secara optimal.
  2. Memberikan wahana investasi yang bermacam-macam bagi investor sehingga memungkinkan untuk melaksanakan diversifikasi. Alternatif investasi menawarkan potensi laba dengan tingkat risiko yang sanggup diperhitungkan.
  3. Menyediakan leading indicator bagi perkembangan perekonomian suatu negara.
  4. Penyebaran kepemilikan perusahaan hingga lapisan masyarakat menengah.
  5. Penyebaran kepemilikan, keterbukaan dan profesionalisme membuat iklim berusaha yang sehat serta mendorong pemanfaatan administrasi profesional.
Pembinaan, pengaturan, dan pengawasan sehari-hari kegiatan pasar modal dilakukan oleh Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam). Bapepam berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri. Pembinaan, pengaturan, dan pengawasan tersebut dilaksanakan oleh Bapepam dengan tujuan mewujudkan terciptanya kegiatan pasar modal yang teratur, wajar, dan efisien serta melindungi kepentingan investor dan masyarakat.

Anda kini sudah mengetahui Fungsi Pasar Modal. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widjajanta, B., A. Widyaningsih, dan H. Tanuatmojo. 2009. Mengasah Kemampuan Ekonomi 2 : Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas/Mandrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. p. 146.

Referensi Lainnya :

[1] Sa’diyah, C. dan D. A. Purnomo. 2009. Ekonomi 2 : Untuk Kelas XI Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. p. 351.

No comments:

Post a Comment