Wednesday, September 18, 2019

Pintar Pelajaran Manfaat, Fungsi Protein Bagi Badan Manusia, Kegunaan, Kimia

Manfaat, Fungsi Protein bagi Tubuh Manusia, Kegunaan, Kimia - Protein memiliki fungsi, antara lain menyerupai berikut.

1) Sebagai Enzim

Hampir semua reaksi biologi dipercepat oleh suatu senyawa makromolekul spesifik yang disebut enzim, mulai dari reaksi yang sangat sederhana menyerupai reaksi transportasi karbon dioksida hingga yang sangat rumit menyerupai replikasi kromosom. Sampai ketika ini lebih dari seribu enzim telah sanggup diketahui sifat-sifatnya dan jumlah tersebut masih terus bertambah.

2) Alat Pengangkut dan Alat Penyimpan

Banyak molekul dengan massa molekul relatif (Mr) kecil serta beberapa ion sanggup diangkut atau dipindahkan oleh protein tertentu. Misalnya hemoglobin mengangkut oksigen dalam eritrosit, sedangkan mioglobin mengangkut oksigen dalam otot. Ion besi diangkut dalam plasma darah oleh transterin dan disimpan dalam hati sebagai kompleks dengan feritin, suatu protein yang berbeda dengan transferin.

3) Pengatur Pergerakan

Protein merupakan komplek utama daging. Gerakan otot terjadi lantaran adanya dua molekul protein yang saling bergeseran. Contohnya pergerakan flagela sprma disebabkan oleh protein.

4) Penunjang Mekanis

Kekuatan serta daya tahan kulit dan tulang disebabkan adanya kalogen yakni suatu protein berbentuk lingkaran panjang dan gampang membentuk serabut.

5) Pertahanan Tubuh/Imunisasi

Pertahanan badan biasanya dalam bentuk antibodi, yakni suatu protein khusus yang sanggup mengenal dan melekat atau mengikat benda-benda gila yang masuk ke dalam badan menyerupai virus, bakteri, dan sel-sel gila lain. Protein ini pandai sekali membedakan benda-benda yang menjadi anggota badan dengan benda-benda asing.

6) Media Perambatan Impuls Saraf

Protein yang memiliki fungsi ini biasanya berbentuk reseptor. Misalnya rodopsin, yang bertindak sebagai reseptor/penerima warna atau cahaya pada sel-sel mata.

7) Pengendalian Pertumbuhan

Protein ini bekerja sebagai reseptor (dalam bakteri) yang sanggup mensugesti fungsi bagian-bagian DNA yang mengatur sifat dan abjad bahan.

Anda kini sudah mengetahui Fungsi Protein. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sukmanawati, W. 2009. Kimia 3 : Untuk SMA/ MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 266.

No comments:

Post a Comment