Wednesday, September 18, 2019

Pintar Pelajaran Manfaat, Kegunaan Monosakarida, Glukosa, Galaktosa, Fruktosa, Kimia

Manfaat, Kegunaan Monosakarida, Glukosa, Galaktosa, Fruktosa, Kimia - Berikut beberapa monosakarida dan kegunaannya.

a) Glukosa

Glukosa disebut juga dekstrosa, gula anggur atau gula darah. Glukosa memiliki peranan yang penting dalam proses biologis. Semua karbohidrat dalam badan diubah menjadi glukosa. Glukosa merupakan masakan berenergi yang nantinya dioksidasi menjadi karbondioksida dan air dalam sel-sel. Semua jaringan badan memakai glukosa sebagai materi bakar untuk pertumbuhan dan kegiatan. Glukosa banyak ditemukan dalam buah-buahan masak terutama anggur. Glukosa memiliki rasa anggun tetapi tidak semanis gula tebu. Glukosa sanggup difermentasikan oleh ragi menjadi etil alkohol dan karbon dioksida.

b) Galaktosa

Galaktosa yakni suatu aldoheksosa yang terdapat pada gula susu dalam kombinasi dengan glukosa. Berbagai ikatan dari galaktosa, yaitu galaktosida terdapat dalam otak dan jaringan saraf.

c) Fruktosa

Fruktosa disebut juga levulosa atau gula buah. Fruktosa merupakan satu-satunya ketoheksosa yang penting. Fruktosa merupakan gula termanis yang terdapat bebas bahu-membahu dengan glukosa dalam buah-buahan dan madu dan dalam bentuk kombinasi karbohidrat tingkat tinggi.

Anda kini sudah mengetahui Kegunaan Monosakarida. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sukmanawati, W. 2009. Kimia 3 : Untuk SMA/ MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 266.

No comments:

Post a Comment