Wednesday, September 18, 2019

Pintar Pelajaran Macam, Jenis Pengangguran Menurut Usang Waktu Kerja Dan Penyebab Terjadinya, Ekonomi

Macam, Jenis Pengangguran Berdasarkan Lama Waktu Kerja dan Penyebab Terjadinya, Ekonomi - Ada beberapa macam pengangguran yang digolongkan menurut usang waktu kerja dan penyebab terjadinya.

1. Macam Pengangguran Berdasarkan Lama Waktu Kerja

Pengangguran menurut usang waktu kerja, terdiri atas:

a. Pengangguran terbuka (open unemployment), yaitu tenaga kerja yang benar-benar tidak mempunyai pekerjaan (sama sekali tidak bekerja). Pengangguran ini terjadi lantaran tidak adanya lapangan kerja atau lantaran ketidaksesuaian lapangan kerja dengan latar belakang pendidikan dan keahlian tenaga kerja.
b. Setengah menganggur (under unemployment), yaitu tenaga kerja yang bekerja, tetapi jikalau diukur dari sudut jam kerja, pendapatan, produktivitas dan jenis pekerjaan tidak optimal.
c. Pengangguran terselubung (disguised unemployment), adalah tenaga kerja yang bekerja tapi tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan atau keahliannya. Misalnya, seorang lulusan S1 pertanian bekerja sebagai tenaga pembukuan, atau seorang insinyur teknik bekerja sebagai pelayan restoran.

2. Macam Pengangguran Berdasarkan Penyebab Terjadinya

Pengangguran menurut penyebab terjadinya, terdiri atas:

a. Pengangguran struktural, adalah pengangguran yang disebabkan oleh terjadinya perubahan struktur perekonomian. Misalnya, perubahan struktur dari agraris ke industri, perubahan ini menuntut tenaga kerja mempunyai keterampilan tertentu (misal keterampilan mengoperasikan mesin teknologi modern) untuk sanggup bekerja di sektor industri. Tenaga kerja yang tidak mempunyai keterampilan tersebut akan ditolak oleh sektor industri sehingga terjadilah pengangguran.
b. Pengangguran konjungtural (siklikal), adalah pengangguran yang disebabkan oleh pergerakan naik turunnya kegiatan perekonomian suatu negara. Ada masa pertumbuhan (naik), masa resesi (turun) dan masa depresi (turun). Pada masa resesi dan depresi, masyarakat mengalami penurunan daya beli sehingga seruan terhadap barang dan jasa juga menurun. Penurunan ini mengharuskan produsen mengurangi produksi barang dan jasa, di antaranya dengan cara mengurangi jumlah pekerja sehingga terjadilah pengangguran. PHK yang terjadi lantaran krisis ekonomi tahun 1997 di Indonesia yaitu pola pengangguran siklikal.
c. Pengangguran friksional, adalah pengangguran yang disebabkan oleh pergeseran (friksi) pekerja yang ingin bergeser (berpindah) dari satu perusahaan ke perusahaan lain dalam rangka mencari pekerjaan yang lebih anggun dan cocok. Sementara mencari pekerjaan baru, pekerja menganggur untuk sementara waktu sambil mencari pekerjaan yang diinginkan. Oleh lantaran itu, pengangguran friksional disebut juga pengangguran sukarela (voluntary unemployment), lantaran terjadi lantaran harapan pekerja sendiri.
d. Pengangguran musiman, yaitu pengangguran yang disebabkan oleh perubahan isu terkini atau perubahan seruan tenaga kerja secara berkala. Pada umumnya, sesudah panen, petani akan menganggur sambil menunggu masa tanam. Contoh lain contohnya pada masa pembangunan gedung, tukang bangunan sanggup bekerja. Tetapi jikalau gedung telah final dibangun, tukang bangunan menjadi pengangguran musiman sambil menunggu pembangunan berikutnya.

Anda kini sudah mengetahui Jenis Pengangguran. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sa’diyah, C. dan D. A. Purnomo. 2009. Ekonomi 2 : Untuk Kelas XI Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. p. 351.

No comments:

Post a Comment