Thursday, September 19, 2019

Pintar Pelajaran Cara Pembuatan Alkohol, Metanol, Etanol, Sintesis, Senyawa, Gugus Fungsi, Kimia

Cara Pembuatan Alkohol, Metanol, Etanol, Sintesis, Senyawa, Gugus Fungsi, Kimia - Berikut ini yakni cara pembuatan alkohol, khususnya metanol dan etanol.

a. Metanol

Metanol dibentuk dari CH4 (metana) dengan dua tahap. Pada tahap 1 gas metana dipanaskan dengan uap air membentuk gas CO dan H2.

CH4(g) + H2O(g) D CO(g) + 3 H2(g)

Pada tahap 2 gas CO dan gas H2 direaksikan membentuk metanol.


ZnO, Cr2O3

CO(g) + 2H2(g)
CH3OH(g)

450 oC, 200 atm


b. Etanol

Etanol pada umumnya disebut alkohol padi-padian atau alkohol minuman alasannya sanggup dihasilkan dari fermentasi tepung atau padi-padian dan buah, misal anggur. Perhatikan pola pembuatan etanol dari jagung berikut ini. Langkah pertama yang dilakukan yakni mengubah jagung menjadi tepung. Selanjutnya tepung jagung dicampur enzim alfa amilase. Adonan dipanaskan pada suhu di atas 100 °C untuk mengurangi kuman pembusuk. Adonan didinginkan dan ditambahkan enzin glukoamilase untuk mengubah campuran menjadi dektrosa. Kemudian dekstrosa diberi ragi untuk proses perubahan menjadi etanol dan karbondioksida.

Anda kini sudah mengetahui Pembuatan Alkohol. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sukmanawati, W. 2009. Kimia 3 : Untuk SMA/ MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 266.

No comments:

Post a Comment