Wednesday, September 18, 2019

Pintar Pelajaran Pengertian Polimer Termoseting Dan Termoplas, Contoh, Perbedaan, Kimia

Pengertian Polimer Termoseting dan Termoplas, Perbedaan, Contoh, Kimia - Berdasarkan sifatnya terhadap panas, polimer dibedakan menjadi polimer termoseting dan polimer termoplas.

a. Polimer Termoseting / Termoset

Polimer termoseting artinya hanya sanggup dipanaskan satu kali yaitu pada ketika pembuatannya sehingga apabila pecah tidak sanggup disambung kembali dengan pemanasan atau dicetak ulang dengan pemanasan. Polimer termoseting terdiri atas ikatan silang antar rantai sehingga terbentuk materi yang keras dan lebih kaku. Contoh polimer termoseting yaitu bakelit dan melamin.


Polimer termoplas sanggup dipanaskan berulang-ulang alasannya polimer termoplas melunak jikalau dipanaskan dan mengeras jikalau didinginkan sehingga apabila pecah sanggup disambung kembali dengan pemanasan atau dicetak ulang dengan pemanasan. Polimer termoplas terdiri dari molekul-molekul rantai lurus atau bercabang dan tidak ada ikatan silang antar rantai ibarat pada polimer termoseting.

Contoh: polietena, PVC, polistirena.

Anda kini sudah mengetahui Polimer Termoseting dan Polimer Termoplas. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sukmanawati, W. 2009. Kimia 3 : Untuk SMA/ MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 266.

No comments:

Post a Comment