Wednesday, September 18, 2019

Pintar Pelajaran Faktor Penyebab Terjadinya Perdagangan Internasional

Faktor Penyebab Terjadinya Perdagangan Internasional - Beberapa faktor yang mengakibatkan terjadinya perdagangan internasional sanggup diuraikan sebagai berikut.

a. Perbedaan Sumber Alam

Suatu negara memiliki kekayaan alam yang berbeda, sehingga hasil pengolahan alam yang dinikmati juga berbeda. Oleh sebab sumber kekayaan alam yang dimiliki suatu negara sangat terbatas, sehingga diharapkan tukar-menukar atau perdagangan.

b. Perbedaan Faktor Produksi

Selain faktor produksi alam, suatu negara memiliki perbedaan kemampuan tenaga kerja, besarnya modal yang dimiliki, dan keterampilan seorang pengusaha. Oleh sebab itu, produk yang dihasilkan oleh suatu negara juga mengalami perbedaan, sehingga dibutuhkan adanya perdagangan.

c. Kondisi Ekonomis yang Berbeda

Karena adanya perbedaan faktor produksi yang menimbulkan perbedaan biaya produksi yang dikeluarkan untuk menciptakan barang, maka bisa jadi dalam suatu negara memerlukan biaya tinggi untuk memproduksi barang tertentu. Sehingga negara tersebut bermaksud mengimpor barang dari luar negeri sebab biayanya dianggap lebih murah.

d. Tidak Semua Negara Dapat Memproduksi Sendiri Suatu Barang

Karena keterbatasan kemampuan suatu negara, baik kekayaan alam maupun yang lainnya, maka tidak semua barang yang dibutuhkan oleh suatu negara bisa untuk diproduksi sendiri, untuk itulah diharapkan tukar-menukar antarbangsa.

e. Adanya Motif Keuntungan dalam Perdagangan / Penghematan Biaya Produksi

Biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi suatu barang selalu terdapat perbedaan. Adakalanya suatu negara lebih untung melaksanakan impor daripada memproduksi sendiri. Namun, adakalanya lebih menguntungkan jikalau sanggup memproduksi sendiri barang tersebut, sebab biaya produksinya lebih mudah. Oleh sebab itu, negara-negara tersebut akan mencari laba dalam memperdagangkan barang hasil produksinya.

f. Adanya Persaingan Antarpengusaha dan Antarbangsa

Persaingan ini akan berakibat suatu negara meningkatkan kualitas barang hasil produksi dengan biaya yang ringan, sehingga sanggup bersaing dalam dunia perdagangan.

g. Selera (Kesukaan)

Selera bisa mendorong terjadinya perdagangan internasional. Selera atau minat masyarakat Indonesia yang tinggi terhadap apel Amerika dan pear Shandong dari Cina, mendorong Indonesia untuk mengimpor buah-buahan tersebut. Artinya, Indonesia telah melaksanakan perdagangan internasional dengan Amerika dan Cina. [1]

Anda kini sudah mengetahui Faktor Penyebab Terjadinya Perdagangan Internasional. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Ismawanto. 2009. Ekonomi 2 : Untuk Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. p. 241.

Referensi Lainnya :

[1] Sa’diyah, C. dan D. A. Purnomo. 2009. Ekonomi 2 : Untuk Kelas XI Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. p. 351.

No comments:

Post a Comment