Wednesday, September 18, 2019

Pintar Pelajaran Manfaat, Kegunaan Senyawa Benzena Dan Turunannya

Manfaat, Kegunaan Senyawa Benzena dan Turunannya - Senyawa turunan benzena banyak manfaatnya, di antara ibarat berikut.

1. Nitro Benzena (C6H5NO2)

Nitro benzena ialah zat cair yang berwarna kuning muda dan beracun. Nitro benzena dipakai untuk memberi busuk pada sabun dan semir sepatu.

2. Anilin (C6H4NH2)

Anilin ialah zat cair berupa minyak, tidak berwarna, dan dipakai sebagai materi untuk menciptakan zat warna. Anilin juga dipakai untuk menciptakan obat-obatan dan plastik.

3. Toluena (C6H5CH3)

Toluena (C6H5CH3) sebagai materi dasar pembuatan zat warna. Toluena sanggup dibentuk dengan dua metode, yaitu:

a. Sintesis Fittig dan Wurtz.

C6H5Cl
+
2 Na
+
CH3Cl
2 NaCl
+
C6H5CH3
kloro benzena



kloro metana



toluena

b. Sintesis Friedel dan Crafts.




AlCl3



C6H6
+
CH3Cl
HCl
+
C6H5CH3
benzena

kloro benzena



toluena

4. Asam Benzoat (C6H5COOH)

Asam benzoat sanggup dibentuk menjadi asam salisilat C6H4(OH)(COOH), sakarin, aspirin, dan natrium benzoat. Natrium benzoat dipakai sebagai pengawet pada materi makanan, misal selai dan roti.

5. Fenol (C6H5OH)

Fenol (C6H5OH) disebut juga hidroksi benzena. Fenol ialah zat padat putih, hablur gampang larut dalam air, larutannya bersifat asam, tidak bersifat alkohol. Larutan 3% fenol dalam air dipakai sebagai pemusnah hama (air karbon). Fenol yang dipanaskan dengan formaldehida dan suatu basa, menghasilkan suatu jenis plastik. Fenol direaksikan dengan asam nitrat pekat menghasilkan asam pekat C6H5OH(NO2)3 yang dipakai sebagai materi dasar untuk pembuatan peledak.

6. Benzil Alkohol (C6H5CH2OH)

Benzil alkohol (C6H5CH2OH) disebut juga fenil metanol. Benzil alkohol dipakai sebagai pelarut. Benzil alkohol dibentuk dari toluena dan gas klor pada suhu tertentu, selanjutnya risikonya direaksikan dengan KOH.

C6H5CH3
+
Cl2
HCl
+
C6H5CH2Cl
toluena





benzil klorida







C6H5CH2Cl
+
KOH
KCl
+
C6H5CH2OH
benzil klorida





benzil alkohol

7. Benzaldehid

Benzaldehid (C6H5COH) atau fenil metanol dibentuk dengan mengoksidasi benzil alkohol. Benzaldehid ialah zat cair ibarat minyak, tidak berwarna, dan berbau istimewa, dipakai dalam wangi-wangian. Benzaldehid juga dipakai pada industri zat warna dan aroma.

Anda kini sudah mengetahui Kegunaan Senyawa Benzena. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sukmanawati, W. 2009. Kimia 3 : Untuk SMA/ MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 266.

No comments:

Post a Comment