Thursday, September 19, 2019

Pintar Pelajaran Manfaat, Kegunaan Haloalkana, Dampak, Bahaya, Senyawa Kimia

Manfaat, Kegunaan Haloalkana, Dampak, Bahaya, Senyawa Kimia - Berikut merupakan senyawa haloalkana dan kegunaannya.

a. Karbon Tetra Klorida (CCl4)

CCl4 mempunyai titik didih 77 °C. Merupakan cairan tidak berwarna, dengan bacin yang sedikit tidak enak. Senyawa ini tidak larut dalam air, dan menjadi pelarut yang baik untuk minyak dan lemak serta sering dipakai dalam basuh kering (dry clean). Oleh alasannya ialah kerapatannya yang tinggi dan sifatnya yang tidak gampang terbakar CCl4 digunakan sebagai pemadam api.

b. Kloroform (CHCl3)

CHCl3 mempunyai titik didih 62 °C. Kloroform dipakai sebagai pelarut zat-zat organik, tetapi dicurigai bersifat karsinogen. Kloroform juga dipakai sebagai anestesi umum, tetapi senyawa ini terlalu beracun dan menimbulkan kerusakan hati.

c. Tetra Kloro Etilena (C2Cl4)

Senyawa ini merupakan pelarut penting untuk basuh kering dan sebagai pelarut lemak dalam pengolahan logam dan tekstil.

d. Kloro Fluoro Karbon (Freon)

Istilah Freon merupakan merek dagang dari Perusahaan Dupont untuk hasil-hasil kloro fluoro karbon. Freon ialah gas-gas yang tak berwarna, bertitik didih rendah, tidak beracun, tidak gampang terbakar, dan tidak menimbulkan karat. Freon dipakai dalam rumah tangga sebagai pendingin dalam kulkas dan penyejuk ruangan.

e. Teflon (Tetra Fluoro Etilena)

Teflon ini banyak dipakai sebagai panci “antilengket” dan aneka macam macam alat masak lain. Lapisan ini tahan panas dan mencegah masakan menempel pada permukaan panci. Lensa-lensa teflon dipakai pada lampu-lampu berintensitas tinggi. Pemeliharaannya lebih gampang dibanding lensa gelas, sehingga banyak dipakai dalam industri dan gelanggang olahraga. Teflon dibentuk dari CHClF2 (kloro difluoro metana) yang dibentuk pada suhu tinggi dengan reaksi menyerupai berikut.
 dan menjadi pelarut yang baik untuk minyak dan lemak serta sering dipakai dalam basuh ke Pintar Pelajaran Manfaat, Kegunaan Haloalkana, Dampak, Bahaya, Senyawa Kimia

f. Etilen Bromida

Etilen bromida merupakan cairan yang ditambahkan pada bensin biar bereaksi dengan TEL untuk menghasilkan PbBr2 yang gampang menguap dan gampang dikeluarkan bersama asap knalpot.

Anda kini sudah mengetahui Kegunaan Haloalkana. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sukmanawati, W. 2009. Kimia 3 : Untuk SMA/ MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 266.

No comments:

Post a Comment