Thursday, October 17, 2019

Pintar Pelajaran Cara Penulisan Hasil Tamat Reaksi Persamaan Ionisasi, Molekuler, Ionik, Stoikiometri, Kimia

Cara Penulisan Hasil Akhir Reaksi Persamaan Ionisasi, Molekuler, Ionik, Stoikiometri, Kimia - Untuk sanggup menuliskan persamaan reaksi ionik yang benar, coba perhatikan langkah-langkah penyelesaian berikut.

Contoh Menuliskan Hasil Akhir Reaksi Persamaan Ionisasi :

Jika suatu larutan natrium hidroksida ditambahkan ke dalam larutan besi (III) klorida, maka akan dihasilkan endapan besi (III) hidroksida dan larutan natrium klorida yang gampang larut. Tuliskan persamaan molekuler, persamaan ionik, dan hasil reaksi ioniknya.

Penyelesaian:

Untuk menyelesaikannya dengan mudah, ikutilah langkah-langkah berikut.

Langkah 1 : Menuliskan rumus-rumus kimia yang benar

Penulisan dilakukan baik untuk pereaksi maupun hasil reaksi.

Pereaksi :

natrium hidroksida : NaOH
besi (III) klorida : FeCl3

Hasil reaksi : 

besi (III) hidrosida : Fe(OH)3
natrium klorida : NaCl

Langkah 2 : Menuliskan persamaan molekulernya

Persamaan molekuler dituliskan dengan menuliskan persamaan reaksi dalam bentuk molekulnya, sehingga dituliskan sebagai berikut.

NaOH(aq) + FeCl3(aq) → Fe(OH)3(s) + NaCl(aq)

Langkah 3 : Menyetarakan persamaan reaksi molekuler

Persamaan reaksi molekuler di atas belum setara alasannya ialah jumlah atom Cl sebelah kanan dan kiri belum sama. Untuk menyamakannya, ditambahkan koefisien 3 di depan molekul NaCl. Sebagai akibatnya, maka atom Na di sebelah kiri juga harus dikalikan 3, sehingga ditambahkan koefisien 3 di depan molekul NaOH. Persamaan telah setara dan hasilnya dituliskan sebagai berikut.

3NaOH(aq) + FeCl3(aq) → Fe(OH)3(s) + 3NaCI(aq)

Langkah 4 : Menuliskan persamaan ioniknya

Tidak semua molekuI sanggup diudis dalam persamaan ioniknya, alasannya ialah ada senyawa yang tidak larut dalam air sehingga temp ditulis dalam bentuk molekulernya, seperti Fe(OH)3. Persamaan ioniknya dituliskan menyerupai di bawah ini.

3Na+(aq) + OH-(aq) + Fe3+ (aq) + 3Cl-(aq) → Fe(OH)3(s) + 3Na+(aq) + 3Cl-(aq)

Untuk mempermudah penulisan persamaan final reaksi, goresan pena (aq) sanggup dihilangkan untuk rumus ion-ionnya, sedangkan tanda (s) tetap ditulis di belakang Fe(OH)3 yang menunjukan bahwa senyawa tersebut mengendap dan tidak larut dalam air.

Langkah 5 : Menghilangkan ion bebas dari persamaan ioniknya

Ion-ion yang tidak berubah sanggup dilihat, yaitu ion-ion yang masih ada dalam bentuk yang sama di ruas kiri dan kanan, yakni ion Na+ dan ion Cl-.

3Na+(aq) + OH-(aq) + Fe3+ (aq) + 3Cl-(aq) → Fe(OH)3(s) + 3Na+(aq) + 3Cl-(aq))

Setelah keduanya dihilangkan, maka diperoleh hasil final persamaan ionik menyerupai yang tertulis pada Langkah 6.

Langkah 6 : Menuliskan hasil final persamaan ionik

Hasil final persamaan ioniknya sanggup dituliskan sebagai berikut.

Fe3+(aq) + OH-(aq) → Fe(OH)3(s)

Ketika kita perhatikan, hasil final persamaan ionik terlihat lebih sederhana daripada persamaan sebelumnya. Hal ini akan memudahkan kita untuk mengetahui ion-ion yang terlibat secara langsung.

Anda kini sudah mengetahui Penulisan Hasil Akhir Reaksi Persamaan Ionisasi. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Premono, S. A. Wardani, dan N. Hidayati. 2009. Kimia : SMA/ MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

No comments:

Post a Comment