Thursday, October 17, 2019

Pintar Pelajaran Rumus Tetapan Hasil Kali Kelarutan, Ksp, Teladan Soal, Pembahasan, Persamaan Reaksi, Kimia

Rumus Tetapan Hasil Kali Kelarutan, Ksp, Contoh Soal, Pembahasan, Persamaan Reaksi, Kimia - Jika kalian melarutkan satu sendok garam dalam segelas air, pada awalnya, garam akan larut dalam air. Tetapi, jikalau garam yang kalian tambahkan semakin banyak, garam tersebut tidak sanggup larut lagi alasannya ialah larutan menjadi jenuh. Larutan bersifat jenuh, jikalau jumlah zat yang ditambahkan melebihi batas maksimum kelarutan. Akibatnya, terjadi pengendapan larutan.

Lalu, bagaimana jikalau kalian rnelarutkan kristal AgBr ke dalam air?

Karena AgBr termasuk senyawa polar dan senyawa ion, maka larutan AgBr akan terurai menjadi ion-ion pembentuknya dikala dilarutkan dalam air. Reaksi yang terjadi ialah :

AgBr(s) → Ag+(aq) + Br-(aq)

Jika kalian menambahkan kristal AgBr sccara terus menerus, kristal AgBr tidak larut lagi dan larutan menjadi jenuh. Kemudian, larutan AgBr akan membentuk kesetimbangan baru. Perhatikan reaksi berikut.

AgBr(s) D Ag+(aq) + Br-(aq)

Dengan demikian, tetapan reaksi kesetimbangan untuk reaksi di atas ialah sebagai berikut.

Kc = 

Dari persamaan di atas, sanggup ditentukan nilai Ksp dari reaksi penguraian AgBr. Caranya, yaitu dengan mengalikan Kc dengan [AgBr]. Hasil kali keduanya itu disebut sebagai hasil kali kelarutan AgBr. Perhatikan persamaan berikut.

Kc x [AgBr] = Ksp = [Ag+] [Br-] atau sanggup dituliskan:

Ksp AgBr = [Ag+] [Br-]

Selanjutnya, bagaimana cara memilih harga Ksp dari suatu senyawa ion dalam air? Untuk mempermudah pemahaman, kita perhatikan reaksi penguraian pada senyawa ion AxBy. Jika dilarutkan dalam air, senyawa AxBy terurai mcnjadi ion-ionnya sebagai berikut.

AxBy D x Ay+ + y Bx-

Dari reaksi di atas, sanggup ditentukan hasil kali kelarutan senyawa ion AxBy dalam air. Bagaimana rumus hasil kali kelarutan senyawa ion AxBy, dalam air? Temukan jawabannya pada persamaan berikut.

Ksp AxBy = [Ay+]x [Bx-]y

Bagaimana penerapan persamaan tersebut pada soal? Agar lebih jelas, perhatikan teladan soal berikut.

Contoh Soal 1 :

Dalam larutan jenuh AgCrO4 terdapat kesetimbangan antara Ag2CrO4 padat dengan ion Ag+ dan ion CrO42- dalam larutan. Berapakah harga Ksp Ag2CrO4 ?

Penyelesaian:

Diketahui:

Reaksi kesetimbangan Ag2CrO4(s) D 2Ag+(aq) + CrO42-(aq)

Ditanyakan:

Harga Ksp Ag2CrO4.

Jawab:

Berdasarkan soal di atas, kita sanggup memilih reaksi kesetimbangannya, yaitu:

Ag2CrO4(s) D 2Ag+(aq) + CrO42-(aq)

Jadi, harga tetapan hasil kali kelarutan (Ksp) untuk Ag2CrO4 sesuai dengan persamaan di atas, yaitu:

Ksp = [Ag+] [CrO42-].

Anda kini sudah mengetahui Hasil Kali Kelarutan atau Ksp. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Premono, S. A. Wardani, dan N. Hidayati. 2009. Kimia : SMA/ MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

No comments:

Post a Comment