Thursday, October 17, 2019

Pintar Pelajaran Imbas Tekanan Dan Volume Terhadap Pergeseran Kesetimbangan Kimia, Praktikum, Contoh, Percobaan, Reaksi

Pengaruh Tekanan dan Volume terhadap Pergeseran Kesetimbangan Kimia, Praktikum, Contoh, Percobaan, Reaksi - Selain konsentrasi dan suhu, ternyata tekanan dan volume juga mensugesti pergeseran kesetimbangan. Bagaimana kiri dapat menunjukan bahwa tekanan dan volume mensugesti kesetimbangan? Temukan jawabannya dengan mengikuti percobaan berikut. (Baca juga : Faktor Yang Mempengaruhi Pergeseran Kesetimbangan Kimia)

1. Praktikum Pengaruh Tekanan dan Volume terhadap Kesetimbangan

A. Dasar teori

Sistem kesetimbangan gas memiliki tekanan dan volume tertentu. Bila tekanan sistem diperbesar atau diperkecil, maka terjadi pergeseran kesetimbangan. Jika tekanan diperbesar atau volume diperkecil, kesetimbangan akan bergeser ke arah jumlah koefisien yang kecil. Sebaliknya, jikalau tekanan diperkecil atau volume diperbesar, kesetimbangan akan bergeser ke arah jumlah koefisien yang besar. Sementara itu, bila jumlah koefisien sama, perubahan tekanan/volume tidak akan menggeser kesetimbangan. (Oxtoby, 2001, hlm. 280)

B. Tujuan Percobaan

Mengetahui imbas tekanan/volume pada pergeseran kesetimbangan.

C. Alat dan Bahan Percobaan

Alat
  • Alat suntik
Bahan : 
  • Gas NO2
D. Langkah Percobaan
  1. Buatlah gas NO2 seperti pada percobaan sebelumnya. (Baca : Pengaruh Suhu terhadap Pergeseran Kesetimbangan)
  2. Masukkan gas tersebut ke dalam alat suntik.
  3. Berilah tekanan pada alat suntik hingga gas NO2 menjadi tidak berwarna.
E. Hasil Percobaan

Tuliskan hasl percobaan pada tabel berikut.


Keadaan gas
Pengamatan
1.
saat dimasukkan alat suntik

2.
setelah diberi tekanan lebih besar


F. Pembahasan

Untuk memperjelas tujuan percobaan, jawablah pertanyaan berikut.
  1. Ketika tekanan diperbesar, gas apakah yang terbentuk?
  2. Tuliskan persamaan reaksi yang terbentuk pada dikala reaksi setimbang.
  3. Perhatikan koefisien gas-gas dalam keadaan setimbang. Berapakah koefisien gas di ruas kiri? Berapa pula koefisien gas di ruas kanan?
  4. Sebelum gas diberi tekanan lebih besar, ke arah manakah kesetimbangan bergeser?
  5. Setelah gas diberi tekanan lebih besar ke arah mana kesetimbangan bergeser?
G. Kesimpulan

Buatlah kesimpulan dari percobaan ini dengan mendiskusikannya bersama teman-teman sekelompok.

2. Pengaruh tekanan atau volume terhadap Pergeseran Kesetimbangan Kimia

Sistem kesetimbangan gas memiliki tekanan dan volume total tertentu. Jika tekanan sistem diperbesar atau diperkecil, ada kesetimbangan yang terganggu dan ada pula yang tidak terganggu, tergantung pada jumlah koefisien pereaksi dan hasil reaksi.

Jika tekanan diperbesar atau volume diperkecil, kesetimbangan akan bergeser ke arah jumlah koefisien yang kecil. Sebaliknya, jikalau tekanan diperkecil atau volume diperbesar, kesetimbangan akan bergeser ke arah jumlah koefisien yang besar. Tetapi, jikalau jumlah koefisien pereaksi sama dengan koefisien hasil reaksi, perubahan tekanan atau volume tidak akan menggeser kesetimbangan. Perhatikan referensi berikut.

Contoh :

X + 2Y D 2Z

Berdasarkan reaksi di atas, diketahui bahwa jumlah koefisien pereaksi ialah 1 + 2 = 3, sedangkan jumlah koefisien hasil reaksi ialah 2. Dengan demikian, jikalau tekanan diperbesar atau volume diperkecil, kesetimbangan akan bergeser ke arah hasil reaksi (ke kanan). Sebaliknya, jikalau tekanan diperkecil atau volume diperbesar, kesetimbangan akan bergeser ke arah pereaksi (ke kiri).

Sesuai Hukum Boyle, jikalau tekanan diperbesar berarti volumenya diperkecil. Sebaliknya, jikalau tekanan diperkecil, berarti volumenya diperbesar.

Anda kini sudah mengetahui Pengaruh Tekanan dan Volume terhadap Pergeseran Kesetimbangan Kimia. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Premono, S. A. Wardani, dan N. Hidayati. 2009. Kimia : SMA/ MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

No comments:

Post a Comment