Thursday, October 17, 2019

Pintar Pelajaran Pola Reaksi Pengendapan, Persamaan Ionik Dan Molekuler, Asam, Basa, Garam, Stoikiometri, Kimia

Contoh Reaksi Pengendapan, Persamaan Ionik dan Molekuler, Asam, Basa, Garam, Stoikiometri, Kimia - Reaksi pengendapan sanggup terjadi apabila dua larutan yang bereaksi mempertemukan dua ion yang lalu menghasilkan senyawa yang sukar larut. Karena sukar larut, maka zat hasil reaksi tersebut lalu mengendap. Sebagai contoh, reaksi antara barium klorida dengan natrium sulfat. Persamaan reaksi molekulernya sanggup dituliskan sebagai berikut.

BaCl2(aq) + Na2SO4(aq) → BaSO4(s) + 2NaCl(aq)

Sedangkan persamaan reaksi ion dituliskan:

Ba2+(aq) + 2Cl-(aq) + 2Na+(aq) + SO42-(aq) → BaSO4(aq) + 2Na+(aq) + 2Cl-(aq

Dari reaksi-reaksi di atas terbentuk endapan BaSO4 karena adanya ion Ba2+ dan ion SO42-. Kedua ion tersebut kalau berada dalam air sukar larut. Terbentuk atau tidaknya endapan suatu garam bila larutan-larutan pereaksi dicampurkan tergantung dari konsentrasi-konsentrasi ion-ion yang membentuk garam tersebut. Bila konsentrasi ionnya cukup banyak untuk menciptakan adonan reaksi menjadi lewat jenuh terhadap kelarutan garam tersebut, maka akan terbentuk endapan. Bila adonan tidak lewat jenuh, maka endapan tidak akan terbentuk.

Setelah mempelajari reaksi pengendapan di atas, maka kita tahu bahwa kelarutan suatu senyawa sangat penting untuk memilih terjadinya suatu endapan atau tidak.

Anda kini sudah mengetahui Reaksi Pengendapan. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Premono, S. A. Wardani, dan N. Hidayati. 2009. Kimia : SMA/ MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

No comments:

Post a Comment