Thursday, October 17, 2019

Pintar Pelajaran Persamaan Reaksi Ionisasi, Contoh, Pengertian, Asam Dan Basa, Larutan Elektrolit, Stoikiometri, Kimia

Persamaan Reaksi Ionisasi, Contoh, Pengertian, Asam dan Basa, Larutan Elektrolit, Stoikiometri, Kimia - Larutan menurut bentuk partikel zatnya dibedakan menjadi dua, yakni larutan elektrolit dan larutan non elektrolit. Zat elektrolit dalam larutan akan terurai menjadi ion-ionnya, sedangkan zat non elektrolit tidak terurai menjadi ion-ionnya, tetapi tetap berbentuk sebagai molekul. Pada materi stoikiometri ini, pembelajaran kita terfokus pada larutan elektrolit dari hasil titrasi asam basa. Oleh lantaran zat elektrolit dalam larutan terurai menjadi ion-ionnya, maka hal yang pertama perlu dipelajari yakni reaksi antara ion-ion zat elektrolit tersebut.

Reaksi pembuatan kalsium karbonat (CaCO3) merupakan salah satu rujukan reaksi yang dihasilkan dari larutan elektrolit kuat, yaitu dari kalsium klorida (CaCl2) yang bcrsifat basa dan natrium karbonat (Na2CO3), garam yang gampang larut dalam air. Persamaan reaksinya sanggup dituliskan sebagai berikut.

CaCl2(aq) + Na2CO3(aq) → CaCO3(s) + 2NaCl(s)

Selain reaksi di atas, masih banyak reaksi-reaksi yang melibatkan larutan elektrolit yang gampang larut dalam air. Dikarenakan larutan-larutan tersebut mengalami ionisasi dikala berada dalam larutan, maka reaksinya disebut reaksi ion, dan persamaan reaksinya disebut persamaan ion. Salah satu rujukan reaksi yang khas dalam reaksi ion yakni reaksi antara natrium klorida (NaCl) dan perak nitrat (AgNO3). Reaksi tersebut kalau dituliskan sebagai berikut.

NaCl(aq) + AgNO3(aq) → AgCl(s) + NaNO3(aq)

Persamaan reaksi di atas disebut persamaan molekuler, alasannya yakni semua pereaksi dan hasil reaksi ditulis dalam bentuk molekul. Sebenarnya zat-zat ionik menyerupai NaCl, AgNO3, dan NaNO3, baik dalam keadaan padat maupun larutan, tidak berbentuk molekul. Selanjutnya, bagaimana penulisan reaksi yang lebih sempurna menyerupai yang sesungguhnya terjadi kalau zat terlarut dilarutkan dalam air? Untuk mengatakan zat-zat yang seluruhnya terdisosiasi (terurai) dalam reaksi ini, maka penulisan persamaan reaksi yakni sebagai berikut.

Na+(aq) + Cl-(aq) + Ag+(aq) + NO3-  → AgCl(s) + Na+(aq) + NO3-(aq)

Persamaan reaksi ini disebut persamaan ionik lantaran menuliskan rumus setiap elektrolit yang larut dalam bentuk terdisosiasi dan rumus yang tidak larut dalam bentuk molekuler (pada reaksi di atas, ditunjukkan oleh molekul AgCl).

Perhatikan persamaan ionik di atas, ion-ion yang dicetak tebal yaitu ion Na+ dan ion NO3- tidak mengalami perubahan sebelum dan setelah reaksi. Ion-ion ini bekerjsama hanya ikut dalam perjalanan reaksi. Ion-ion yang tidak mengalami perubahan selama reaksi disebut ion bebas. Dalam penulisan persamaan ion, kita sanggup menghilangkan ion bebas sehingga perhatian kita terpusat hanya pada ion-ion yang terlibat dalam reaksi.

Untuk reaksi antara natrium klorida dan perak nitrat akan menghasilkan persamaan ionik sebagai berikut.

Na+(aq) + Cl-(aq) + Ag+(aq) + NO3-  → AgCl(s) + Na+(aq) + NO3-(aq)

Dengan penghilangan ion bebas, diperoleh hasil final persamaan ionik sebagai berikut.

Cl-(aq) + Ag+(aq) → AgCl(s)

Menurut Arrhenius, larutan elektrolit sanggup menghantarkan listrik lantaran mengandung ion-ion yang sanggup bergerak bebas. Ion-ion yang menghantarkan arus listrik melalui larutan. Zat elektrolit sanggup berupa senyawa ion maupun senyawa kovalen polar. Zat elektrolit yang terurai penuh atau hampir penuh menjadi ion-ionnya disebut elektrolit kuat, sedangkan yang sedikit terurai disebut elektrolit lemah.

Metatesis disebut juga perubahan rangkap, terjadi bila dalam suatu reaksi terjadi perubahan daerah dari anion dan kation. Misalnya pada reaksi antara NaCl dan AgNO3, Cl- menggantikan ion NO3- dan NO3- menggantikan ion Cl-. (Brady, 1999, hlm. 186)

Reaksi ionik dalam larutan elektrolit sanggup dituliskan dengan penghilangan ion-ion pemirsanya. Bagaimana langkah-langkah yang gampang untuk menuliskan persamaan ionik dari suatu reaksi hingga didapatkan hasil final persamaan ioniknya? Perhatikanlah baik-baik klarifikasi berikutnya.

(Baca : Penulisan Hasil Akhir Persamaan Ionik)

Anda kini sudah mengetahui Persamaan Reaksi Ionisasi. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Premono, S. A. Wardani, dan N. Hidayati. 2009. Kimia : SMA/ MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

No comments:

Post a Comment