Thursday, October 17, 2019

Pintar Pelajaran Jenis-Jenis Reaksi Pembentukan Gas, Contoh, Menghasilkan, Penguraian, Asam, Basa, Stoikiometri, Kimia

Jenis-jenis Reaksi Pembentukan Gas, Contoh, Menghasilkan, Penguraian, Asam, Basa, Stoikiometri, Kimia - Sebuah reaksi niscaya akan menghasilkan suatu produk. Pada reaksi asam basa, reaksi penetralan, dan reaksi pengendapan, sebagian besar produknya berbentuk padat (solid) dan cair. Bentuk lain dari hasil reaksi kimia selain padat dan cair ialah gas. Terbentuknya gas disebabkan oleh reaksi yang terurai menjadi zat gas atau reaksi tersebut menghasilkan gas. Gas yang terbentuk ini lalu akan menguap ke udara. Sebagai contohnya, kalian simak reaksi berikut.

a. Reaksi yang menghasilkan gas

Reaksi yang terjadi antara kalsium karbonat dengan asam klorida menghasilkan gas karbondioksida. Gas CO2 yang terbentuk lalu akan menguap ke udara.

Reaksi yang terjadi dituliskan sebagai berikut.

CaCO3(s) + 2HCl(aq) → CaCl2(aq) + H2O(l) + CO2(g)

b. Reaksi yang terurai menjadi gas

Dalam salah satu reaksi penguraian, amonium klorida yang bereaksi dengan natrium hidroksida akan terurai menjadi gas amonia (NH3) yang lalu akan menguap be udara, ibarat reaksi berikut.

NH4Cl(s) + NaOH(aq) → NaCl(aq) + H2O(l) + NH3(g)

Anda kini sudah mengetahui Reaksi Pembentukan Gas. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Premono, S. A. Wardani, dan N. Hidayati. 2009. Kimia : SMA/ MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

No comments:

Post a Comment