Thursday, October 17, 2019

Pintar Pelajaran Jenis-Jenis Reaksi Dalam Larutan Elektrolit, Macam-Macam, Contoh, Stoikiometri, Kimia

Jenis-jenis Reaksi dalam Larutan Elektrolit, Macam-macam, Contoh, Stoikiometri, Kimia - Kalian pernah melaksanakan banyak reaksi di laboratorium, bukan? Diantara reaksi-reaksi yang pernah kalian lakukan tentu saja ada yang melibatkan zat elektrolit yang dilarutkan dalam air. Apa saja reaksi-reaksi yang melibatkan larutan elektrolit? Berikut yaitu beberapa reaksi tersebut.
  1. Reaksi asam basa
  2. Reaksi penetralan
  3. Reaksi pengendapan
  4. Reaksi pembentukan gas
Bagaimana reaksi-reaksi di atas berlangsung? Simak klarifikasi berikut.



Ketika asam direaksikan dengan basa tentu akan terbentuk garam. Reaksi ini disebut reaksi netralisasi atau penggaraman. Zat yang semula bersifat asam, dikala direaksikan dengan basa akan menghasilkan produk yang bersifat netral, begitu pula sebaliknya dengan zat yang bersifat basa jikalau direaksikan dengan asam akan menghasilkan produk netral pula

Dalam larutan air, netralisasi yang terjadi antara suatu asam besar lengan berkuasa dengan basa besar lengan berkuasa akan menghaisilkan hasil simpulan persamaan ion sebagai herikut.

H+(aq) + OH-(aq) → H2O(l)

Sebagai pola reaksi penetralan yang umum, yaitu reaksi antara kalium hidroksida dengan asam asetat. Persamaan reaksi molekulernya sanggup dituliskan sebagai berikut.

KOH(aq) + CH3COOH(aq) → CH3COOK(aq) + H2O(l)

Kalium Hidroksida (KOH) Merupakan basa kuat, berupa padatan putih yang menyerap air dan gas CO2, udah larut dalam air dan biasa dipakai untuk pembuatan sabun mandi. Asam Asetat (CH3COOH) Merupakan zat cair yang berwarna dengan wangi menusuk hidung. Untuk larutan encer (20-25%) dipakai sebagai penyedap rasa makanan, selainnya untuk pewarnaan tekstil, pengawet sayur dan buah, serta untuk penggumpalan getah karet. (Mulyono, 2006, hlm, 29 dan 208)

Dari hasil ionisasi molekul elektrolit dalam larutannya, maka persamaan molekuler sanggup dituliskan menjadi persamaan ion berikut

K+(aq) + OH-(aq) + CH3COO-(aq) + H+(aq) → CH3COOH(aq) + K+(aq) + H2O(l)

Dengan penghilangan ion-ion pemirsa didapatkan persamaan simpulan ionik sebagai berikut.

OH-(aq) + H+(aq) → H2O(l)

Reaksi asam basa dan reaksi penetralan, keduanya melibatkan larutan asam dan basa. Bagaimana dengan reaksi pengendapan? Kalian akan tahu sesudah menyimak klarifikasi berikut.



Anda kini sudah mengetahui Jenis-jenis Reaksi dalam Larutan Elektrolit. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Premono, S. A. Wardani, dan N. Hidayati. 2009. Kimia : SMA/ MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

No comments:

Post a Comment